Menu
Apapun yang terjadi di Aceh, Anda yang pertama baca beritanya.

Salena Rebut Juara 1 Geulayang Tunang Piala Wakil Walikota Langsa

  • Bagikan
Salena Rebut Juara 1 Geulayang Tunang Piala Wakil Walikota Langsa thumbnail

SatuAcehNews – Langsa | Setelah melewati berbagai tahapan penilaian dewan juri, group Salena asal Paya Bujok Blang Paseh berhasil merebut juara 1 final geulayang tunang piala wakil walikota Langsa, diselenggarakan di Gampong Cinta Raja kec. Langsa Timur, Selasa, (06/04/2021) sore.

Juara kedua diraih Triple 222 Geudebang Jawa, juara ke tiga juga di raih Salena. Sedangkan juara harapan I dan II direbut Tairik dan Al-Desid.

Wakil walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid MM, usai melakukan penyerahan piala tersebut menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh peserta dan panitia yang telah mensukseskan pesta rakyat geulayang tunang.

“Kegiatan ini merupakan permainan tradisional yang harus dilestarikan kembali, kedepan akan menjadi agenda rutin yang akan difasilitasi oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispora) kota Langsa,” kata Marzuki Hamid.

Permainan geulayang (Layang-layang), katanya lagi, mempunyai filosofi dalam kehidupan sehari-hari, seperti halnya kegunaan sayap pada layang yaitu untuk menjaga keseimbangan, benang sebagai penentu arah dan pengendalian serta ekornya untuk mencapai ketinggian.

“Layang-layang yang bagus adalah layang-layang yang memiliki keseimbangan dan kestabilan yang tinggi sehingga dia bisa bertahan ditengah-tengah angin yang kencang. Begitu juga dengan filosofi dalam keluarga, organisasi dan pemerintahan,” ujarnya.

Sementara itu, kata dia, bagi pemenang juara satu, dua dan tiga serta harapan I dan II akan mendapatkan uang pembinaan, piala dan piagam penghargaan.

“Setiap kategori akan mendapatkan uang pembinaan dari kegiatan perlombaan ini,” ujar wakil walikota, seraya berharap dana itu dapat digunakan untuk melestarikan skill bagi komunitas layang di kota Langsa.

Final geulayang tunang Piala Wakil Walikota Langsa turut di hadiri Ka.Dispora kota Langsa Dr. Iqbal, Keuchik Cinta Raja serta masyarakat setempat.(YRZ)

Pembaca: 358

Idul Fitri 1442H SatuAcehNews

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *