Menu
Apapun yang terjadi di Aceh, Anda yang pertama baca beritanya.

Taufiq A Gani, Putra Aceh, Dilantik Jadi Kepala Pusat Data dan Informasi Perpusnas

  • Bagikan
Taufiq A Gani, Putra Aceh, Dilantik Jadi Kepala Pusat Data dan Informasi Perpusnas thumbnail

Laporan Yarmen Dinamika l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Dr Taufiq A Gani SKom MEngSc dilantik Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Dr Muhammad Syarif Bando MM sebagai Kepala Pusat Data dan Informasi Perpusnas RI, Selasa (4/5/2021) siang.

Putra Aceh yang sebelumnya menjabat Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Percetakan Universitas Syiah Kuala atau USK Press itu menambah daftar putra Aceh yang kini menjadi pejabat pimpinan tinggi pratama di pusat.

Taufiq A Gani dilantik pukul 13.00 WIB siang tadi di lantai dasar gedung perpustakaan tertinggi di dunia itu, disaksikan para pegawai dan sejumlah pejabat pimpinan pratama di lingkungan Perpusnas RI.

Kepala Perpusnas RI mengapresiasi atas kesediaan Dr Taufiq A Gani pindah dan alih status dari Dosen FT USK menjadi pejabat di Perpusnas.

Baca juga: Sudah Banyak Telan Korban Jiwa, Pemerintah Diminta Bina dan Wadahi Pengebor Minyak Tradisional

Baca juga: Tragis! Perawat Cantik di Malang Disiram Bensin Lalu Dibakar Oleh OTK, Ini Kronologinya

Baca juga: Ibrahim Baycora, Muslim Pertama yang Jadi Kepala Polisi Paterson Amerika Terima Ancaman Pembunuhan

Di Aceh, Taufiq dikenal sebagai sosok yang bertangan dingin. Saat ditunjuk Rektor USK sebagai Kepala UPT Perpustakaan USK, ia berhasil memajukan perpustakaan itu sebagai perpustakaan terkemuka di Indonesia.

Pada tahun 2019, UPT Perpustakaan yang dipimpin Taufiq masuk nominasi tiga besar untuk memperoleh Standar Nasional Indonesia (SNI) Award dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Award atau penghargaan bergengsi itu merupakan yang pertama kali diberikan BSN kepada perpustakaan di Aceh, bahkan pertama di Indonesia untuk kategori perpustakaan.

Setahun kemudian Taufiq dipercayakan Rektor USK, Prof Dr Samsul Rizal MEng memimpin UPT Percetakan USK.

Di tempat ini lagi-lagi tangan dingin Taufiq terbukti. Ia berhasil memajukan UPT Percetakan itu dengan perolehan laba penjualan buku melalui online di atas target tahunan.

Baca juga: Ini Kronologis Pengebor Minyak Meninggal Dunia di Aceh Timur, Terkena Hantaman Pipa di Wajah

Baca juga: Drama Cinta Segitiga di Balik Sate Maut, R Naksir Nani Lalu Sarankan Kirim Sate Beracun ke Mantan

Namun, terhitung 30 April 2021 Taufiq harus rela melepaskan status kepegawaiannya sebagai Dosen Tetap Fakultas Teknik USK, karena dia dinyatakan lulus dalam seleksi pejabat pimpinan pratama di lingkungan Perpusnas RI.

Tepatnya, Taufiq lulus sebagai Kepala Pusat Data dan Informasi Perpusnas RI.

Siang tadi ia resmi dilantik dalam jabatan itu dan dengan sendirinya pindah dari Banda Aceh dan berdomisili di Jakarta.

Taufiq salah satu putra Aceh yang mendapat posisi strategis di pusat. Sebelumnya, 27 Juli 2020, tercatat nama Dr Drs Syafrizal ZA MSi, putra Aceh kelahiran Banda Aceh, yang dilantik Mendagri sebagai Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Bina Adwil) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Kemudian, 15 April lalu, Ilham Saputra SSos, putra Aceh berdarah Aceh Selatan dan Aceh Besar yang sebelumnya menjabat pelaksana tugas (plt) terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. (*)

Baca juga: FAKTA-Fakta Gadis 19 Tahun Dirudapaksa: Seminggu Kenal, Terdengar Suara Rintihan Hingga Obat Kuat

Baca juga: Sosok R, Pria yang Disebut Sarankan NA Kirim Sate Beracun kepada Tomy

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *