Menu
Apapun yang terjadi di Aceh, Anda yang pertama baca beritanya.

Gubernur Aceh ingatkan masyarakat tidak mudik cegah penyebaran COVID-19

  • Bagikan
Gubernur Aceh ingatkan masyarakat tidak mudik cegah penyebaran COVID-19 thumbnail

Banda Aceh (ANTARA) – Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengingatkan masyarakat tidak mudik lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah atau 2021 Masehi guna mencegah penyebaran dan penularan COVID-19.

“Kebijakan pemerintah sudah jelas melarang untuk mudik lebaran. Pemerintah Aceh bersama forkompinda sepakat memedomani kebijakan tersebut,” kata Gubernur Aceh Nova Iriansyah di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Aceh Nova Iriansyah usai menjadi inspektur upacara gelar pasukan Operasi Ketupat Seulawah 2021 di Mapolda Aceh.

Gubernur mengatakan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) di Aceh sudah merapat barisan untuk berpedoman pada kebijakan pemerintah tersebut.

“Kebijakan pemerintah tersebut akan disebar kepada masyarakat. Kami juga mengajak media massa ikut menginformasikannya kepada masyarakat,” kata Nova Iriansyah.

Menyangkut detail pelaksanaan kebijakan tersebut di lapangan, Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan juga harus melihat kearifan masyarakat setempat.

Menurut Nova Iriansyah, semua petugas yang mengawal kebijakan tersebut mengambil tindakan secara bertingkat, harus humanis, profesional dan proporsional.

“Jadi, pelaksanaannya disesuaikan di lapangan. Percayalah, kebijakan ini dikeluarkan dengan filosofi keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi,” kata Nova Iriansyah.

Terkait informasi pemeriksaan COVID-19 dengan cara tes antigen bagi penumpang antardaerah di Aceh, Gubernur mengatakan pemeriksaan tersebut dilakukan secara random atau acak, bukan masif untuk semua penumpang.

“Petugas di lapangan adalah orang-orang yang terbiasa memeriksa dan berpengalaman selama setahun terakhir sejak pandemi COVID-19 berlangsung. Mereka mengetahui siapa saja yang harus diperiksa,” kata Nova Iriansyah.


 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *