Menu
Apapun yang terjadi di Aceh, Anda yang pertama baca beritanya.

Polisi Temukan Pemudik Modus Jemput Barang di Perbatasan Aceh-Sumatera Utara

  • Bagikan
Polisi Temukan Pemudik Modus Jemput Barang di Perbatasan Aceh-Sumatera Utara thumbnail
Pemudik/Net

Harianrakyataceh.com – Para pemudik mulai melakukan siasat mengelabui petugas agar bisa melewati pos penyekatan di perbatasan Aceh-Sumatera Utara, kawasan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang.

Personel Kepolisian Resor Aceh Tamiang pernah menggagalkan modus operandi pemudik tersebut.

“Ada kayak kemarin bus menurunkan penumpang. Tidak lama kemudian datang mobil pribadi kosong angkat barangnya, tapi ketahuan dengan petugas kita tegur dan mau dibawa ke kantor, akhirnya tidak jadi dia turunkan barangnya, balik lagi dia. Itu modus-modusnya begitu,” kata Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Ari Lasta Irawan di sela mendampingi kunjungan Kapolda Aceh Irjen Pol Drs Wahyu Widada meninjau pos check point di perbatasan Aceh-Sumatera Utara, Sabtu (8/5).

Dijelaskan Kapolres, sejumlah pemudik tersebut dari Aceh tujuan Medan. Mereka sempat terlantar hingga akhirnya memilih putar balik. Kedepan di H-2 dan H-1 lebaran Idul Fitri petugas gabungan akan meningkatkan penjagaan untuk mengantisipasi modus-modus serupa yang dilakukan para pemudik agar bisa melintas pos penyekatan.

“Potensinya pasti ada lagi, dengan berbagai cara unik dan beragam pastinya modus yang dilakukan pemudik,” ujar Ari Lasta.

Sementara data yang diperoleh di hari ke 4 diberlakukannya penyekatan, Minggu 9 Mei 2021 dari pukul 08 00 WIB-pukul 18.00 WIB dengan sasaran masyarakat dan kendaraan keluar dan masuk wilayah Aceh terdapat tiga warga Blang Pidie, Aceh dilakukan rapid tes dengan hasil seluruhnya negatif.

Sementara sasaran kendaraan yang diputar balik terdiri dari atas roda empat/mobil pribadi 11, travel 2 dan sepeda motor/roda dua 1 unit. Sedangkan oang yang diperbolehkan masuk sebanyak 7 orang masing-masing urusan dinas 3 orang, menjenguk orang sakit 1 orang dan melayat keluarga meninggal 3 orang.

Untuk diketahui, kegiatan pelarangan dan penyekatan arus mudik lebaran Idul Fitri 1442 H sesuai Permenhub Nomor: 13 tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi selama masa Idul Fitri 1442 H/2021 dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 sudah berlangsung sejak tanggal 6-17 Mei 2021 mendatang. (mag-86/rif)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *