Menu
Apapun yang terjadi di Aceh, Anda yang pertama baca beritanya.

Taman Persaudaraan Azerbaijan-Turki Dibuka

  • Bagikan
Taman Persaudaraan Azerbaijan-Turki Dibuka thumbnail

QUBA, Azerbaijan – Taman Persaudaraan tur dibuka Senin di kota Guba di distrik Quba timur laut Azerbaijan.

Upacara pembukaan taman dihadiri oleh duta besar Turki untuk Azerbaijan Cahit Bagci, Ziyaddin Aliyev, kepala otoritas eksekutif Guba, dan anggota parlemen Ahliman Amiraslanov dan Ganira Pashayeva.

Menyampaikan pidato pada upacara tersebut, Bagci mencatat bahwa hari ini juga merupakan peringatan 98 tahun kelahiran pemimpin nasional Azerbaijan Haidar Aliyev.

Dia juga mengucapkan selamat kepada Azerbaijan atas kemenangannya dalam perang baru-baru ini melawan pasukan Armenia untuk membebaskan Karabakh Atas yang diduduki.

Juga berbicara pada upacara tersebut, Aliyev menggarisbawahi ikatan kuat dan historis yang dimiliki oleh negara-negara Turki dan Azerbaijan dan memuji kontribusi Turki untuk pembebasan wilayah pendudukan Armenia.

Hubungan antara bekas republik Soviet di Azerbaijan dan Armenia telah tegang sejak 1991, ketika militer Armenia menduduki Nagorno-Karabakh, atau Karabakh Atas, yang diakui secara internasional sebagai wilayah Azerbaijan, dan tujuh wilayah yang berdekatan.

Pada 27 September 2020, tentara Armenia melancarkan serangan terhadap warga sipil dan pasukan Azerbaijan serta melanggar beberapa perjanjian gencatan senjata kemanusiaan.

Selama konflik 44 hari, yang berakhir dengan kesepakatan yang ditandatangani pada 10 November tahun lalu, Azerbaijan membebaskan beberapa kota dan hampir 300 pemukiman dan desa dari pendudukan Armenia.

“Melalui taman ini, kami ingin menyampaikan rasa terima kasih kami kepada Turki dan berkontribusi pada persaudaraan Turki-Azerbaijan yang kekal,” katanya.

Taman tersebut dihiasi dengan bendera dan gambar pendiri kedua negara, Mustafa Kemal Ataturk dan Haydar Aliyev.

Kutipan dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev yang memanifestasikan persaudaraan kedua negara juga terlihat di dinding yang mengelilingi taman.[]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *