Menu
Apapun yang terjadi di Aceh, Anda yang pertama baca beritanya.

Abrar Zym Khatib Idul Fitri di Masjid Raya

  • Bagikan
Abrar Zym Khatib Idul Fitri di Masjid Raya thumbnail

BANDA ACEH – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Aceh Besar, H Abrar Zym SAg MH, akan menjadi khatib shalat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. Sementara Imam Rawatib Masjid Raya, Tgk H Jamhuri Ramli SQ MA, dipercayakan untuk memimpin shalat Ied pada Kamis (13/5/2021) besok.

Informasi itu disampaikan Kadis Syariat Islam Aceh, Dr EMK Alidar SAg MHum, menjawab Serambi, Selasa (11/5/2021). “Adapun judul khutbah Idul Fitri yang akan disampaikan oleh Ustaz Abrar Zym adalah Kembali Fitri di Tengah Pandemi Pelihara Kesucian Selamatkan Anak Negeri,” ujar EMK Alidar.

Sementara itu, Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman, Prof Tgk H Azman Ismail MA, ditunjuk sebagai naim imam atau imam pengganti. Adapun takbir akan dilantunkan oleh Grup Ikatan Persaudaraan Qari-Qariah dan Hafiz-Hafizah (IPQAH) Aceh.

Karena shalat Ied akan dimulai pukul 07.30 WIB, EMK Alidar meminta masyarakat yang ingin melaksanakan shalat Idul Fitri di Masjid Raya Baiturrahman agar datang lebih cepat. Sehingga tak berdesak-desakan menjelang shalat dimulai. “Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, masyarakat yang ingin shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman, tentu harus mengikuti protokol kesehatan (protkes) yang dianjurkan pemerintah,” ungkapnya.

Di samping mematuhi protkes, Alidar juga meminta masyarakat yang melaksanakan shalat Ied di Masjid Raya Baiturrahman untuk mengikuti beberapa ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah Aceh. Seperti, sebutnya, sebelum memasuki pekarangan masjid, seluruh jamaah diwajibkan sudah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, mengikuti pengecekan suhu tubuh oleh petugas, dan membawa sajadah sendiri.

Saat pelaksanaan shalat Ied, tambah EMK Alidar, jamaah diminta untuk tetap menjaga jarak di dalam shaf antara satu orang dengan orang lainnya. “Bagi jamaah yang mengikuti protkes kami persilakan shalat di dalam masjid. Namun, bagi yang tak menggunakan masker agar melaksanakan  shalat Id di pekarangan masjid dan tidak dibolehkan masuk ke dalam masjid,” tegas Kadis Syariat Islam Aceh. (jal)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *