Menu
Apapun yang terjadi di Aceh, Anda yang pertama baca beritanya.

Jamaah Diminta Tak Tertumpu di Satu Masjid

  • Bagikan
Jamaah Diminta Tak Tertumpu di Satu Masjid thumbnail

* Pada Pelaksanaan Shalat Ied

BANDA ACEH – Pemko Banda Aceh meminta masyarakat, khususnya para jamaah yang akan melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri 1442 H, untuk tidak tertumpu di satu masjid tertentu, seperti yang lazim dilaksanakan pada saat kondisi normal, misalnya di Masjid Raya Baiturrahman atau masjid-masjid kecamatan yang selama ini dipadati.

Hal dimaksud untuk mencegah penularan coronavirus disease 2019 (Covid-19). Pengharapan itu  disampaikan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, saat menjadi narasumber di Podcast Program Serambi FM yang mengangkat tema ‘Lebaran di Masa Pandemi’ dan dipandu News Manager Serambi Indonesia, Bukhari M Ali, Selasa (11/5/2021).

“Kami harapkan jamaah tidak terkosentrasi di satu masjid tertentu. Tapi, bisa memanfaatkan masjid atau meunasah yang ada di gampong-gampong dalam pelaksanaan ibadah shalat Idul Fitri. Tujuannya, untuk meminimalisir jamaah itu tertumpu di satu masjid,” kata Aminullah.

Upaya pencegahan itu penting dilakukan agar semua jamaah merasa aman dan nyaman. Karena dengan begitu, penularan virus corona dapat ditekan.

“Terhitung sampai tanggal 10 Mei 2021 yang terkonfirmasi Covid-19 itu sudah mencapai 2.808 dan yang sembuh 2.510 atau 89,4 persen dan 95 orang sudah meninggal dunia. Hingga kini sebanyak 203 orang masih dalam perawatan, 27 orang dirawat di RSUD Meuraxa dan selebihnya di RSU Zainoel Abidin. Lalu hal yang perlu diketahui untuk saat ini ruang ICU Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin Banda Aceh sudah penuh. Kita harapkan masyarakat patuh,” kata Wali Kota Banda Aceh.

Aminullah menerangkan saat ini status Kota Banda Aceh berada di zona oranye atau berresiko sedang, karena itu pihaknya bersama Forkompimda Banda Aceh terus melakukan Sosialisasi Covid-19 kepada masyarakat. “Kami juga akan terus mengintensifkan razia, termasuk melakukan rapid antigen terhadap masyarakat. Kalau reaktif langsung kita bawa ke rumah sakit,” pungkas Aminullah yang mengharapkan kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan.(mir)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *