Menu
Apapun yang terjadi di Aceh, Anda yang pertama baca beritanya.

Penumpang ke Sabang Sepi

  • Bagikan
Penumpang ke Sabang Sepi thumbnail

* Lebaran, KMP BRR dan Aceh Hebat 2 Tetap Operasi

BANDA ACEH – Jumlah penumpang pada arus mudik dari daratan Aceh menuju sabang pada Lebaran Idul Fitri 1442 H ini sepi. Hal itu terlihat dari menurunnya jumlah penumpang yang hendak menyeberang ke Pulau Weh. Dua kapal roro yang melayari rute Ulee Lheue (Banda Aceh) dan Balohan (Sabang), hanya terisi 42-55 persen dari kapasitas angkutan.

Kepala Bidang Pelayaran Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh, Al-Qadri menjelaskan, anjloknya jumlah warga berlibur atau berlebaran di Sabang kemungkinan ada kaitannya dengan larangan mudik yang diterapkan pemerintah guna mencegah penyebaran Covid-19.

Selama ini, katanya, jika musim Lebaran atau libur panjang banyak wisatawan dalam negeri, seperti dari Sumatera Utara dan provinsi lain berkunjung ke Aceh. Namun karena ada penyekatan dan pelarangan mudik, jumlah wisatawan yang ingin berlebaran atau liburan ke Sabang menjadi menurun.

“Biasanya tiga atau dua hari sebelum Lebaran, sudah banyak warga yang menyeberang ke Sabang. Tapi kali ini jumlahnya menurun drastis,” katanya.

Pada H-3 Lebaran atau Senin (10/5/2021), kata Al-Qadri, jumlah penumpang yang menyeberang ke Sabang berkisar 139-169 orang. Padahal tempat duduk kapal yang tersedia sebanyak 250-400 buah. “Ini artinya kapasitas penumpang yang terisi berkisar 42-55 persen. Padahal, biasanya di saat-saat seperti ini penyeberangan dari Ulee Lheue ke Balohan selalu padat,” terangnya.

Sementara itu, Koordinator Pengelola Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Fahrial, Selasa (11/5/2021) mengatakan, penurunan jumlah penumpang terjadi mulai Senin (10/5/2021). Sebab, pada penyeberangan hari Sabtu dan Minggu, (8-9/5/2021), jumlah penumpang kapal BRR dan Aceh Hebat 2 tujuan Sabang, masih cukup banyak. “Untuk satu kali pelayaran, mengangkut 200-250 penumpang. Tapi sejak Senin kemarin, jumlah penumpang hanya 139-169 orang, untuk satu kali pelayaran,” ujarnya.

Begitu juga pelayaran dari Sabang menuju Banda Aceh hanya ditumpangi 130-150 orang. Hal yang sama juga terjadi untuk penumpang kapal cepat. Di Pelabuhan Ulee Lheue ada tiga unit kapal cepat, dua diantaranya beroperasi, tapi jumlah penumpang hanya berkisar 60-80 orang, dari kapasitas tempak duduk yang tersedia 200-250 orang.

“Karena jumlah penumpang yang naik kapal cepat menurun drastis, pihak perusahaan akan menghentikan beroperasi pada Lebaran pertama atau Kamis (13/5/2021). Hari raya kedua baru kembali beroperasi,” jelasnya.

Sedangkan KMP BRR dan KMP Aceh Hebat 2, katanya tetap beroperasi pada hari Lebaran. Tapi jadwal keberangktannya setelah selesai pelaksanaan shalat Idul Fitri atau pukul 10.00 WIB, dan balik ke Sabang pukul 12.00 WIB. “Untuk Lebaran kedua jadwal operasinya normal, pada pukul 08.00 WIB dan 14.00 WIB, baik untuk rute pelayaran ke Balohan Sabang maupun Ulee Lheue, Banda Aceh,” tutur Fahrial.(her)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *