Menu
Apapun yang terjadi di Aceh, Anda yang pertama baca beritanya.

Pasien Positif Covid-19 di Banda Aceh Bertambah Mencapai 2.863 Orang

  • Bagikan
Pasien Positif Covid-19 di Banda Aceh Bertambah Mencapai 2.863 Orang thumbnail

Laporan Asnawi Luwi |Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH  – Pasien terkonfirmasi virus corona (Covid-19) di Kota Banda Aceh terus meningkat mencapai 2.863 orang dan meninggal dunia mencapai 101 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman SKM MKes kepada  serambinews.com dalam rilisnya,  Sabtu (15/5/2021) mengatakan,  pasien terkonfirmasi positif Covid-19 pada Jumat (14/5/2021) berjumlah 2.851 orang dan pada Sabtu (15/5/2021) bertambah 12 orang pasien postif Covid-19 menjadi total 2.863 orang.

Sementara itu pasien positif Covid-19 yang meninggal dua selama dua hari ini meningkat dari 99 orang menjadi 101 orang.

Kata Kadiskes Kota Banda Aceh, Lukman, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di tengah masyarakat khususnya pada lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, masyarakat diharapkan dapat disiplin mengikuti protokol kesehatan (Protkes) Covid-19 dengan memakai masker,  menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

Sementara itu, secara terpisah Pengamat Kebijakan Publik Aceh, Dr Nasrul Zaman MKes mengatakan, sejak Satgas Covid-19 dibentuk, upaya edukasi masyarakat untuk peningkatan kesadaran melakukan protokol kesehatan (protkes) Covid-19 nyaris tidak dilakukan secara bottom up dan penegakan aturan prokes yang dinilai lemah oleh Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota di Aceh.

Kata Nasrul Zaman MKes, Satgas lebih banyak melakukan program kampanye lini atas seperti spanduk, baliho, radio dan lainnya dibanding melakukan pemberdayaan masyarakat melalui komunitas, ormas, OKP dan tokoh agama yang terintegrasi dan komprehensif.

Selain itu, menurut Nasrul Zaman,  pesan-pesan pada spanduk dan alat peraga lainnya yang tidak mudah dibaca, sulit dipahami dan penggunaan bahasa yang hampir sama pada seluruh lapisan masyarakat menjadi nilai minus tersendiri.

Misalnya spanduk bagi siswa SD dan warga di masjid-masjid tulisan dan bentuknya sama, di baliho tulisannya kecil-kecil dan tidak menarik serta banyak kelemahan lainnya dari sisi kampanye media.

Kesadaran adalah kunci dalam menurunkan angka cCovid-19  jadi Seyogianya jika hendak meningkatkan kesadaran warga untuk taat prokes Covid-19 termasuk penggunaan masker  maka yang harus dilakukan adalah edukasi warga secara massif yang menggunakan seluruh saluran formal dan informal organisasi dan kelompok warga masyarakat yang ada dan tumbuh di kehidupan sehari hari.

“Kita melihat untuk Aceh yang memposisikan tokoh agama sebagai panutan dan sangat dipatuhi warga, kelompok tokoh ini belum pernah diberdayakan oleh Pemerintah Aceh untuk kampanye peningkatan kesadaran kepatuhan Prokes Covid-19. Disamping penegakan hukum yang dilakukan tidak sepenuh hati dan terkesan malu-malu untuk bertindak tegas dan terukur,” ujar Nasrul Zaman MKes.(*)

Baca juga: Quartararo, Vinales dan Miller di Front Row, Ini Starting Grid MotoGP Prancis 2021

Baca juga: Kecam Serangan Israel, IKAT Ajak Masyarakat Aceh Doakan Palestina

Baca juga: Link Live Streaming Juventus vs Inter Milan, Jadwal Liga Italia Pukul 23.00 WIB

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *