Menu
Apapun yang terjadi di Aceh, Anda yang pertama baca beritanya.

Pemko Subulussalam Targetkan 1.000 Dosis, Pada Vaksinasi Massal

  • Bagikan
Pemko Subulussalam Targetkan 1.000 Dosis, Pada Vaksinasi Massal thumbnail

SUBULUSSALAM – Pemerintah Kota (Pemko) Subulussalam terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara massal di lima kecamatan yang ada di daerah itu, hingga Senin (7/6/2021) besok.

Wali Kota Subulussalam, H Affan Alfian Bintang SE menyatakan, target awal dalam vaksinasi massal ini setidaknya 1.000 dosis. Tiap kecamatan yang ada di Kota Subulussalam ditargetkan mampu memvaksin sebanyak 200 warga. “Target awal yang mendapat vaksin pada vaksinasi massal ini mencapai 1.000 dosis vaksin,” katanya kepada Serambi, Sabtu (5/6/2021).

Wali Kota menjelaskan, vaksinasi massal  merupakan langkah nyata Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Subulussalam untuk menyukseskan pelaksanaan vaksin agar secepatnya terbebas dari pandemi virus Corona.

“Kami Satgas Covid-19 serta TNI dan Polri, melakukan langkah-langkah proaktif dalam rangka menyukseskan (penanganan) Covid-19 di Kota Subulussalam diantaranya dengan vaksinasi,” ujar Affan Bintang

Guna mengurangi kerumunan pada pelaksanaan vaksinasi tersebut, Dinas Kesehatan Subulussalam sudah membagi jadwal dan lokasi pelaksanaan vaksinasi. Sebelumnya, Pemerintah Kota Subulussalam juga menetapkan kebijakan penerima bantuan sosial (bansos) harus memiliki sertifikat vaksin Covid-19.

Wali Kota Affan Bintang mengatakan, jika kebijakan penghentian bansos bagi warga menolak vaksin Covid-19 mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 14 Tahun 2021. Ini sebagai perubahan Perpres Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease.

Dalam Perpres itu disebutkan beberapa sanksi yang bisa diberikan kepada orang yang ditetapkan sebagai penerima vaksin Covid-19, tetapi tidak mengikuti vaksinasi. Salah satu sanksinya, yakni tidak lagi menerima bantuan sosial (bansos).

“Jadi ke depan ada kebijakan yaitu sertifikat vaksin menjadi syarat menerima bansos dari pemerintah. Apabila belum divaksin, maka pemberian bantuan akan ditunda,” kata Affan Bintang.

Kegiatan vaksinasi massal ini dilaksanakan secara serentak di lima kecamatan, yakni Kecamatan Simpang Kiri, Penanggalan, Rundeng, Longkib dan Sultan Daulat. Sesuai jadwal, vaksinasi massal ini akan digelar selama lima hari, hingga Senin besok.

Wali Kota meminta masyarakat agar tidak takut divaksin, karena sudah dipastikan aman dan halal. Ia juga meminta agar warga selalu menaati dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan. Sejauh ini kasus Covid-19 terus meningkat termasuk di Subulussalam. Lantaran itu, menurut Affan Bintang jika semua dapat divaksin dapat memutus mata rantai penyebaran virus Corona.(lid)

video pilihan

Sepasang Pengantin Baru di Gandapura Tewas di Atas Ranjang, Mertua Sempat Dengar Suara Rintihan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *