Menu
Apapun yang terjadi di Aceh, Anda yang pertama baca beritanya.

Update Zonasi Covid di Sumbar, Hanya Tersisa Dua Zona Kuning

  • Bagikan
Update Zonasi Covid di Sumbar, Hanya Tersisa Dua Zona Kuning thumbnail

Kecenderungan Positivity Rate (PR) di Sumbar meningkat pada pekan ke-64 14,47 persen

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG — Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sumatra Barat Jasman Rizal menjabarkan, update zonasi Covid-19 di Sumatra Barat untuk satu pekan ke depan. Jasman mengatakan di Sumbar hanya ada dua zona kuning, yaitu Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kota Pariaman.

“Ada dua zona kuning dan sisanya zona oranye. Zona hijau dan zona merah nihil,” kata Jasman, Ahad (6/6).

Ada 17 wilayah zona oranye di Sumbar adalah Kota Padang Panjang, Kabupaten Sijunjung, Kota Padang, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Solok, Kota Sawahlunto, Kota Payakumbuh, Kota Bukittinggi, Kabupaten Solok, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Pasaman Barat, dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Jasman menyebut dari 17 wilayah zona oranye di Sumbar ini, lima di antaranya sudah mendekati zona merah. Yaitu Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten 50 Kota.

Jasman menambahkan kecenderungan Positivity Rate (PR) di Sumbar juga meningkat. PR mingguan Sumbar pada minggu ke-64 adalah 14,47 persen. Berada jauh di atas standar WHO yakni 5,0 persen.

“Yang patut diwaspadai, positivity rate (PR) Sumatera Barat pada beberapa hari terakhir di minggu ke 64 selalu berada diatas 20 persen,” ujar Jasman.

Untuk skala provinsi, Sumatera Barat saat ini masih berada pada zonasi oranye dengan skor 2,09. Skor Sumbar membaik dari minggu sebelumnya yakni 2,05. Sampai minggu ke 64, warga Sumbar yang telah terinfeksi Covid-19 adalah 45.617. Bertambah dari minggu sebelumnya sebanyak 1.759 orang. Minggu sebelumnya 43.858 orang.

Rata-rata pertambahan positif setiap minggunya dari bulan Maret 2021 sampai awal Juni 2021 selalu diatas 1.200an. Sementara recovery rate atau tingkat kesembuhan 90.68 persen, atau sembuh sebanyak 41.365 dari 45.617 orang yang terinfeksi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *