Menu
Apapun yang terjadi di Aceh, Anda yang pertama baca beritanya.

Dukcapil Pangkalpinang Fasilitasi Transgender Dapatkan KTP

  • Bagikan
Dukcapil Pangkalpinang Fasilitasi Transgender Dapatkan KTP thumbnail

Untuk saat ini Dukcapil hanya bisa mengubah KTP dan KK untuk transgender

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Pangkalpinang akan memfasilitasi kaum transgender untuk mendapatkan kartu tanda penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) sesuai Surat Edaran Mendagri dan aturan lain yang berlaku.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Pangkalpinang, Darwin, mengatakan para warga transgender yang akan difasilitasi dalam pengurusan dokumen pribadi merupakan mereka yang telah mengubah jati dirinya sesuai surat dari aturan yang telah ditetapkan. “Kami sudah siap melayani dan memfasilitasi. Namun sampai saat ini belum ada warga Pangkalpinang yang mengajukan pembuatan dokumen,” katanya di Pangkalpinang, Senin (7/6).

Darwin menjelaskan dalam data kependudukan di Indonesia tidak ada jenis kelamin waria, yang ada hanya laki-laki dan perempuan. “Jadi jika ingin mengubah jenis kelamin dari laki-laki ke perempuan ataupun sebaliknya dari perempuan ke laki-laki harus ada surat dari dokter atau rumah sakit yang menyatakan bahwa orang tersebut sudah ganti alat kelamin,” katanya.

Darwin mengatakan untuk saat ini Dukcapil hanya bisa mengubah KTP dan KK. Sedangkan untuk akta kelahiran harus melalui proses sidang di pengadilan. “Kepemilikan KTP merupakan hak setiap warga negara, urusan hak asasi manusia dan kami hanya mencatat saja sesuai aturan yang berlaku,” jelasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *