Menu
Apapun yang terjadi di Aceh, Anda yang pertama baca beritanya.

Mahfud MD Akui KPK Sudah Lama Jadi Target Perobohan

  • Bagikan
Mahfud MD Akui KPK Sudah Lama Jadi Target Perobohan thumbnail

HARIANRAKYATACEH.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), ternyata sudah lama dijadikan target pelemahan. Bahkan ada yang berniat merobohkan lembaga anti rasuah tersebut.

Hal ini terungkap dalam pengakuan Menko Polhukam, Mahfud MD dalam dialog terbuka, Senin (7/6) secara daring.

Ia mengatakan, upaya perobohan KPK terjadi sejak lama saat dirinya menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi.

“Tercatat ada 12 kali KPK akan dirobohkan melalui peraturan perundang-undangan waktu itu,” ujarnya.

Namun tambah Mahfud, dirinya sejak dulu pro terhadap KPK sehingga setiap upaya yang dilakukan lewat MK, ia tetap memenangkan KPK

“Disisi lain, keputusan yang terjadi saat ini terkait KPK, tak hanya terletak di pemerintah yang tengah berkuasa, siapapun itu. Justru keputusan ini juga ada di tangan DPR, Partai, hingga sipil society,” jelasnya.

“Saya juga tak akan mengubah pernyataannya terkait korupsi di era reformasi yang semakin meluas, sebab ini juga pernah saya kemukakan pada 2017 lalu, sebelum menjabat sebagai Menko Polhukam,” tegasnya.

Hal itu menurut dia sesuai dengan kenyataannya, dimana korupsi saat ini memang jauh lebih gila jika dibandingkan dengan zaman orde baru. Meski tidak semakin besar dari segi jumlah, tetapi korupsi justru meluas di semua lini.

“Karena pada masa kepemimpinan Soeharto, yakni di masa orde baru memang korupsi atau KKN terjadi dengan luar biasa. Namun, tak ada satu pun korupsi yang dilakukan oleh DPR, Hakim, Pemda, hingga Bupati,” terang dia.

Sebab lanjutnya, di masa itu hanya dilakukan oleh pemerintah di bawah Soeharto. Korupsi diatur langsung oleh Soeharto.

“Zaman pak Harto KKN banyak. Luar biasa. Tapi bapak ingat ndak dulu, ndak ada korupsi dilakukan oleh DPR, sekarang semua korupsi sendiri-sendiri. Karena apa, atas nama demokrasi,” katanya. (Don)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *