Menu
Apapun yang terjadi di Aceh, Anda yang pertama baca beritanya.

Tes Baca Qur’an Prioritas Bagi Calon Mahasiswa UNIKI .

  • Bagikan
Tes Baca Qur’an Prioritas Bagi Calon Mahasiswa UNIKI . thumbnail

HARIANRAKYATACEH.COM – Sejumlah 993 calon yang telah lulus mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA), Rabu (02/6) lalu. Hari ini, calon secara serentak melaksanakan uji kemampuan baca Al-Qur’an sebagai syarat mutlak dan diprioritaskan dalam seleksi mahasiswa baru Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen.

Hal ini disampaikan Rektor UNIKI, Prof Dr Apridar SE MSi kepada media ini, Senin (7/6).

“Alhamdulillah selama beberapa hari lalu, sudah diselesaikan tes potensi akademik melalui virtual, yakni sejumlah 1040 calon yang mendaftar pada gelombang-I, yang dinyatakan dapat mengikuti tes atau uji kemampuan baca Al-Qur’an sebanyak 993 calon mahasiswa,” ujar Rektor UNIKI.

Para calon mahasiswa tahun ini, sebutnya, sekitar 30 persen berasal dari luar Kabupaten Bireuen, diantaranya Aceh Tengah, Bener Meriah, Pidie Jaya, Aceh Timur, Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe.

“Untuk melaksanakan tes ini, UNIKI bekerja sama dengan lima (5) dayah/pasantren di Bireuen dan Lhokseumawe. Antaranya, Dayah Babussalam Al-Aziziyah Jeunieb, Yayasan Dayah al-Manna Meunasah Tgk Digadong Bireuen, Yayasan Harapan Ummat Dayah Arongan Samalanga, Dayah Darul Ulum Al-Munawwarah Lhok Mon Puteh Kota Lhokseumawe, dan Misbahud Dhulan Al-Aziziyah Lueng Putu Pidie Jaya,” sebut Prof Apridar.

Sementara Ketua Tes Al-Qur’an, Dr H Muhammad Yusuf A Samad S Pd I MM menyebutkan, sesuai dengan prosedur umum SPMB UNIKI, pihaknya ingin mensosialisasikan visi dan misi kampus sebagai bagian dari pendidikan islami yang juga mendukung program Pemerintah Bireuen sebagai kota santri.

Lebih jauh, tes ini bertujuan untuk mengetahui lebih awal, kemampuan calon mahasiswa membaca dan sekaligus menguasai makna wahyu ilahi. Dengan demikian, selanjutnya akan menjadi bahan bagi pembinaan mahasiswa berikutnya.

“Alhamdulillah, dari sampel evaluasi hari ini, sebagian besar telah mampu membaca al-Qur’an dengan baik,” Pungkas M Yusuf yang juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini.

Menurut agenda panitia, ujian atau tes baca al-Qur’an ini dilaksanakan selama dua hari. Hasil tes keseluruhan gelombang-I, akan diumumkan secara online pada hari Rabu, 9 Juni 2021 mendatang. Bagi calon yang dinyatarakan lulus, diberi waktu untuk mendaftar ulang, mulai tanggal 9 hingga 15 Juni 2021. (akh)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *