Menu
Apapun yang terjadi di Aceh, Anda yang pertama baca beritanya.

Dirjen Dikti, Prof Nizam: Kampus UTU Sangat Progresif Sambut Program Kampus Merdeka

  • Bagikan
Dirjen Dikti, Prof Nizam: Kampus UTU Sangat Progresif Sambut Program Kampus Merdeka thumbnail

Laporan Sa’dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Dirjen Dikti Kemendikbud Ristek), Prof Ir Nizam meluncurkan secara resmi program kompetisi Kampus Merdeka antar Program Studi di Lingkup Universitas Teuku Umar (UTU), Rabu (9/6/2021.

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Gedung terintegrasi UTU tersebut diikuti oleh sekitar 2.500 peserta secara daring melalui Zoom Meeting dan YouTube.

Dirjen Dikti Kemendikbud Ristek, Prof Nizam yang tersambung melalui Zoom dari Kantor Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi di Jakarta menyampaikan apresiasi atas keberhasilan UTU dalam memenangkan liga II kompetisi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diadakan oleh Kemendikbud Ristek.

Pada kesempatan yang sama ia juga menyampaikan bahwasanya kampus UTU merupakan kampus yang sangat terlihat akan proses pengembangan dan kemajuan dalam segala aspek, hal tersebut dibuktikan dengan beberapa prestasi yang telah dicapai oleh UTU baru-baru ini, salah satunya telah lolos dalam pendanaan kompetisi MBKM.

“Saya sangat mengapresiasi UTU yang sangat progresif dalam menyambut program kampus merdeka ini dan mewujudkannya untuk mencapai 8 indikator kinerja utama yang menjadi indikator kinerja dari setiap PTN kita,” ungkapnya.

Disebutkan, bahwa Kemdikbud Ristek dalam hal ini Dikti tidak tinggal diam dan menginstruksi saja. Tetapi juga mendukung dengan pendanaan, pertama insentif pendanaan PTN berdasarkan 8 indikator kinerja utama, PTN yang berhasil mencapainya diberikan insentif akan pelampuannya yang disiapkan sekitar 500 miliar untuk memberikan insentif pada setiap PTN yang lolos kompetisi tersebut.

Baca juga: Cedera Pergelangan Kaki, Megabintang LA Lakers LeBron James Bakal Absen Bela Timnas Basket AS

Baca juga: Bepahkupi dan Kementerian Pertanian Jalin Kerja Sama Pengembangan Kopi Organik

Baca juga: Persis Solo Jalani Uji Coba Lawan Bali United, Kaesang Pangarep Sebut Bisa Ukur Kedalaman Skuad 

Baca juga: VIDEO Melihat Proses Produksi Ikan Asin di Padang Seurahet Aceh Barat

Lebih lanjut kata Prof Nizam, untuk program Kadeireka dan Matching Fund, UTU yang fokus pada marine dan agro bisa melakukan pemberdayaan masyarakat dengan bekerja sama dengan industri setempat, industri lokal baik itu industri kalangan kapal dan industri perikanan, pertanian untuk pemberdayaan masyarakat atau pengembangan teknologi tepat guna yang dihasilkan dari kampus untuk digunakan oleh industri.

Sementara kampus UTU terus mendorong peran aktif Program Studi mengimplementasikan kebijakan Kampus Merdeka, Merdeka Belajar (KMMB), Universitas Teuku Umar akan meluncurkan kompetisi Kampus Merdeka atau competitive fund untuk prodi lingkup Universitas Teuku Umar.

Insentif yang disediakan untuk 8 program studi terbaik mencapai Rp 1 miliar.

“Kompetisi ini merupakan bentuk dari akselerasi Kampus Merdeka, mendorong program studi melakukan inovasi agar terjadi pembelajaran 4.0 atau Kampus Merdeka sebagaimana yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ujar Rektor UTU, Prof Dr Jasman J Ma’ruf.

Baca juga: Tempeleng Presiden Prancis Emmanuel Macron, Pria Bernama Damien Tarel Cuma Dituntut 18 Bulan Penjara

Baca juga: BPKH Ungkap Dana Haji yang Ditempatkan di Bank Capai Rp 45,2 Triliun Per Akhir 2020

Menurutnya, kompetisi ini akan mendorong program studi untuk melakukan inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan kompetensi serta menghasilkan lulusan yang relevan dengan perkembangan zaman serta siap memasuki dunia kerja.

Melalui program Kompetisi Kampus Merdeka, lanjut Prof Jasman, program studi dapat mengakselerasi kualitas dan relevansinya. Rektor mendorong prodi melakukan kemitraan baik dengan pelbagai perguruan tinggi, lembaga pemerintahan, dunia industri dan lembaga pendidikan lainnya baik di dalam negeri maupun di luar negeri.(*)

Penulis: Sa’dul Bahri

Editor: Taufik Hidayat

video pilihan

Alami Penyiksaan Berat hingga Lihat sang Kakak Dikubur Hidup-hidup, Ini Kondisi Terkini Korban

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *