Menu
Apapun yang terjadi di Aceh, Anda yang pertama baca beritanya.

Tim PKM-PM UTU Sosialisasikan Siaga Tsunami Berbasis Syariat Islam kepada Santri MTSS Nurul Huda

  • Bagikan
Tim PKM-PM UTU Sosialisasikan Siaga Tsunami Berbasis Syariat Islam kepada Santri MTSS Nurul Huda thumbnail

Laporan Sa’dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM) Universitas Teuku Umar (UTU) dari Prodi Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan menyelenggarakan sosialisasi Gerakan Siaga Tsunami Berbasis Syariat  Islam kepada santri MTSS Nurul Huda, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Sabtu (12/6/2021).

MTSS Nurul Huda itu berada di Kompleks Masjid Nurul Huda Aceh Barat yang merupakan masjid berdiri pada abad 18, di mana masjid ini telah menjadi saksi bisu tsunami Aceh pada tahun 2004 Silam.

Tim PKM-PM yang diberi nama GESIT (Gerakan Siaga Tsunami Berbasis Syariat Islam) itu diketuai oleh Fatimah Siti Zaharah dan beranggotakan Miftahul Jannah, Deki Farman, Raboni Alfitra, dan Syahrul Ramadan.

Mohamad Gazali, selaku pembimbing PKM Pendanaan Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tahun 2021 berharap, sosialisasi tersebut dapat bermanfaat bagi santri.

“Saya berharap agar sosialisasi ini selain memberikan manfaat juga penting untuk disampaikan kepada santri, agar santri siap membangun siaga dalam upaya cepat tanggap bencana tsunami,” ucapnya.

Baca juga: Plt Bupati Bener Meriah Terima Kunjungan Kerja Kepala KKP Pratama Bireuen 

Baca juga: STAIN Meulaboh Terima Mahasiswa Jalur Mandiri, Ini Kuota Tersedia

Baca juga: 741 Orang Peserta Lulus SBMPTN di Unsam Langsa, Ini Rinciannya 

Sementara itu, Imam Masjid Nurul Huda, Ustaz Nashirin menyebutkan, bahwasanya bencana tsunami datangnya dari kehendak Allah SWT, di mana juga diakibatkan oleh ulah perbuatan amal ibadah manusia sebagai umat-Nya.

 ”Ketika kita sudah jauh pada ketaatan-Nya, semua hal bisa tidak bersahabat lagi,” tutur Ustaz Nashirin.

“Angin yang sepoi-sepoi akan menjadi angin puting beliung, laut yang seharusnya mendatangkan kekayaan akan berubah menjadi tsunami, karena apa, karena murka Allah dapat mendatangkan bencana,” sebutnya.(*)

Penulis: Sa’dul Bahri

Editor: Saifullah

video pilihan

1 Bulan Kantongi Rp16 M, Ini Tampang Bos Pungli di JICT yang Beri Komando Truk Boleh Dibongkar Muat

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *