Menu
Apapun yang terjadi di Aceh, Anda yang pertama baca beritanya.

YARA Minta Bupati Aceh Selatan Segera Lantik Sekda Definitif, Ini Alasannya

  • Bagikan
YARA Minta Bupati Aceh Selatan Segera Lantik Sekda Definitif, Ini Alasannya thumbnail

Dengan kondisi hampir tiga bulan berjalan Plt Sekda Aceh Selatan ini, semoga Bupati bisa segera mendefinitifkan Sekda Aceh Selatan untuk membantu Bupati pada tataran kebijakan. 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN – Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Aceh Selatan, Miswar SH meminta Bupati Aceh Selatan segera melantik Sekretaris Daerah (Sekda) definitif.

Hal itu menurutnya agar roda pemerintahan di lingkungan Pemkab Aceh Selatan bisa berjalan maksimal.

“Dengan kondisi hampir tiga bulan berjalan Plt Sekda Aceh Selatan ini, semoga Bupati bisa segera mendefinitifkan Sekda Aceh Selatan untuk membantu Bupati pada tataran kebijakan. 

Begitu juga teknis operasional dalam penyelenggaraan Pemerintahan agar bisa berjalan maksimal,” kata Miswar melalui Serambi, Senin (14/6/2021).

Apalagi, lanjut Miswar, sesuai Pasal 23 Peraturan Pemerintah Nomor 58 tahun 2009 tentang persyaratan dan tata cara pengangkatan dan pemberhentian Sekretaris Daerah dan Sekretaris Daerah kabupaten / kota di Aceh, masa jabatan Pejabat Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Aceh dan Sekretaris Daerah kabupaten/kota paling lama 3 (tiga) bulan.

Baca juga: Sekjen DPR RI Indra Iskandar: Aceh Kaya di Google 8.810.000 Entri, “Aceh Miskin” 3.660.000 Entri

Baca juga: DPR RI Minta Perpusnas Hadirkan Literatur Sejarah yang Otentik, Khawatir Sejarah Islam Dibelokkan 

Baca juga: Alhamdulillah, BLT UMKM Cair, Warga Silakan Datangi Bank, Bawa Syarat Ini Saat Pencairan

“Ada tugas-tugas pokok Sekda yang tidak bisa dieksekusi oleh pelaksana tugas (Plt) Sekda, yang juga sebagai pimpinan tertinggi dari aparatur sipil negara (ASN).

Oleh karena itu, Bupati perlu segera mungkin melantik Sekda definitif agar roda Pemerintahan di lingkungan Pemkab Aceh Selatan bisa berjalan maksimal,” pintanya. 

Lebih lanjut, Miswar juga mengungkapkan bahwa sebelumnya Pemkab Aceh Selatan sudah menggelontorkan anggaran untuk pelaksanaan assesment pejabat Tinggi Pratama termasuk jabatan Sekda.

“Bahkan, menurut kabar sudah ada beberapa nama yang lolos dalam assesment tersebut.

Dengan demikian tentu semua tahapan yang diatur Undang – undang telah dilalui, jadi sudah sepaturnya Bupati untuk melaksanakan hasil essement tersebut,” pungkas Miswar. (*)

Penulis: Taufik Zass

Editor: Mursal Ismail

video pilihan

1 Bulan Kantongi Rp16 M, Ini Tampang Bos Pungli di JICT yang Beri Komando Truk Boleh Dibongkar Muat

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *