Menu
Apapun yang terjadi di Aceh, Anda yang pertama baca beritanya.

Tiga Masker Ini Efektif Mencegah Agar tak Terpapar Virus Covid-19, Begini Cara Pakai yang Benar

  • Bagikan
Tiga Masker Ini Efektif Mencegah Agar tak Terpapar Virus Covid-19, Begini Cara Pakai yang Benar thumbnail

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Badan Kesehatan Dunia yang bernaung di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau WHO merekomendasikan tiga jenis masker yang dinilai efektif mencegah paparan virus corona.

“Masker merupakan salah satu bentuk intervensi non farmasi untuk mencegah terpapar virus corona,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani kepada pers di Banda Aceh, Kamis (17/6/2021).

Ia mengatakan, masker dapat diimplementasikan dengan biaya minimum tanpa mengubah aktivitas sosial seseorang secara ekstrem.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan tiga jenis masker yang dinilai efektif memberi perlindungan bagi seseorang dari percikan air liur (droplet) atau dahak orang lain, yakni masker N95, masker medis/bedah, dan masker kain.

Masker N95, jelas Juru Bicara yang akrab disapa SAG itu, mampu memfilter setidaknya 95% partikel melayang di udara, menyaring virus, bakteri, jamur, debu serta menghilangkan partikel non-berminyak cair seperti semprotan anti serangga atau minyak wangi.

• Yussuf Poulsen, Putra Pelaut Muslim Pencetak Gol Pertama dalam Laga Denmark Vs Belgia di Euro 2020

• 1,2 Juta Rekening Nasabah di Aceh Dimigrasi ke BSI, Sudah Tuntas 86 Persen, BSI juga Akan Layani KUR

Sementara masker medis/bedah yang terbuat dari 3 lapisan bahan non-tenun sintetis memiliki tingkatan filtrasi dan tahan air.

Mampu menyaring sekitar 80-85% partikel yang dihirup, katanya mengutip WHO dalam “Buku 2 Pengendalian Covid-19” dari Satgas Penanganan Covid-19 Nasional.

Masker melindungi hidung dan mulut agar tidak bersentuhan dengan tetesan yang bisa membawa kuman.

Masker ini hanya sekali pakai, dengan durasi maksimum 4 jam dan masker harus diganti jika dalam keadaan lembab dan/atau basah.

Setelah itu harus dibuang sesuai prosedur pembuangan limbah medis.

Penulis: Ansari Hasyim

Editor: Ansari Hasyim

video pilihan

Panik karena Air Laut Surut Pasca-gempa Magnitudo 6,1, Warga Maluku Tengah Pilih Mengungsi ke Hutan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *