Menu
Apapun yang terjadi di Aceh, Anda yang pertama baca beritanya.

Hujan Cuan di Ruang Digital, Why Not?

  • Bagikan

JANTHO — Rangkaian webinar Literasi Digital di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh kembali bergulir. Kali ini mengusung tema “Tips Hujan Cuan di Ruang Digital”. Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu, 17 Juli 2021 pukul 19.00-22.00 ini mengupas tentang tips meningkatkan pendapatan di ruang digital.

Kegiatan masif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Saling Sapa App

Kegiatan yang secara nasional telah dibuka oleh Presiden Jokowi ini dilaksanakan secara simultan di semua daerah dengan target 10 juta partisipan mengikuti webinar dan tersentuh oleh literasi digital.

Pada webinar yang menyasar target segmen mahasiswa dan komunitas, sukses dihadiri oleh sekitar 550 peserta daring ini, hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Irfan Shopan Himawan, dosen dan akademisi; Anwar Sadat, dosen dan cyber security officer IT PHKT; Roza Sahputra, Founder Hazby Group; dan Teuku Rizza Zulhima Muly, Founder dan CEO @karyamedia_. Penggiat media sosial Dini Valdiani bertindak sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya. Hadir pula selaku Keynote Speaker, Samuel A Pangerapan Dirjen Aptika Kementerian Kominfo memberikan sambutan.

Sesi pertama, Irfan Shopan Himawan menyampaikan tanpa disadari, kita lebih banyak menggunakan internet, termasuk dalam berkomunikasi melalui media sosial (Whatsapp, Facebook, Instagram, email) dan juga dalam melakukan transaksi digital/online dibanding berkomunikasi secara langsung, karena kita menganggapnya lebih efektif dan efisien.

Giliran pembicara kedua, Anwar Sadat, mengatakan usaha kecil menengah sekali lagi dapat penyelamat ekonomi bangsa, bertahan dan pulih dari pandemi Covid-19. Karena usaha kecil menengah itu seperti warung-warung yang menjual sampo, sabun, dan lain-lain yang dijual murah tidak seperti di supermarket.

Tampil sebagai pembicara ketiga, Roza Sahputra, menjelaskan dalam dunia digital ini kita dapat dengan mudah mengembangkan bisnis kita contohnya dengan cara berkolaborasi bersama teman-teman yang mungkin kita tidak expert di bidangnya misal.

“Saya expert di produksi dan saya akan berkolaborasi dengan teman-teman yang expert di media online atau marketplace yang terdapat di banyak platform sekarang ini.”

Pembicara keempat, Teuku Rizza Zulhima Muly menuturkan ketergantungan manusia terhadap digitalisasi sudah sangat tinggi membuat kata tidak asing lagi dan dituntut untuk melek teknologi. Tapi kenyataannya? Banyak yang bahkan masih merasa sangat asing dan tidak memanfaatkan teknologi.

Dini Valdiani selaku Key Opinion Leader menyampaikan kunci utama saya karena saya banyak teman saya jadi terbantu oleh teman-teman karena saya rajin beli jualan teman saya dan saya sekarang juga sering dibantu repost kaya membantu saya dalam media sosial seperti di instagram dan marketplace-marketplace lain dan menurut saya sangat membantu saya untuk berjualan dengan online dengan cepat. Intinya tetap lebih berhati-hati dalam bertransaksi online.

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Seperti Shira Tani yang bertanya bagaimana dengan masyarakat pedesaan yang tidak memiliki digital skill dalam menghadapi literasi digital, menyebabkan masyarakat tidak dapat memilah-milah informasi yang didapatkannya? Bagaimana tanggapan bapak tentang hal tersebut?

Narasumber Anwar Sadat menanggapi pemerintah sudah melakukan percepatan untuk 5 tahun ke depan untuk membangun infrastruktur dengan memfokuskan ke literasi digital jadi perkiraan di setiap daerah akan bisa tetap belajar dengan sistem digital.

Webinar ini merupakan satu dari rangkaian webinar yang diselenggarakan di Kabupaten Aceh Besar. Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang.[]

Saling Sapa App
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *