Menu
Apapun yang terjadi di Aceh, Anda yang pertama baca beritanya.

Menjadi Masyarakat Digital yang Berbudaya

  • Bagikan

JANTHO — Rangkaian webinar Literasi Digital di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh kembali bergulir. Kali ini mengusung tema “Membangun Masyarakat Digital Berbudaya Indonesia”. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu, 17 Juli 2021 pukul 14.00-17.00 WIB ini mengupas tentang membangun masyarakat digital yang berbudaya Indonesia.

Kegiatan masif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Saling Sapa App

Kegiatan yang secara nasional telah dibuka oleh Presiden Jokowi ini dilaksanakan secara simultan di semua daerah dengan target 10 juta partisipan mengikuti webinar dan tersentuh oleh literasi digital.

Pada webinar yang menyasar target segmen pelajar, mahasiswa, dan komunitas, sukses dihadiri oleh sekitar 757 peserta daring ini, hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Masrizal Umar, Chief Marketing Officer PT Spirit Inti Abadi; Ika Meilani Untari, Kasi Sumber Daya Komunikasi Publik; Ade Arfa Putra Ramadan, Direktur Global Cendekia Institute; dan Sureza Sulaiman, Direktur Milenial Indonesia. Penggiat media sosial Tomy Ristanto bertindak sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya. Hadir pula selaku Keynote Speaker, Samuel A. Pangerapan Dirjen Aptika Kementerian Kominfo memberikan sambutan.

Sesi pertama, Masrizal Umar, menyampaikan pemanfaatan teknologi informasi dan transaksi elektronik dilaksanakan dengan tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai bagian dari masyarakat informasi dunia dan mengembangkan perdagangan dan perekonomian nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Giliran pembicara kedua, Ika Meilani Untari, mengatakan hoaks dalam KBBI adalah berita bohong atau berita tak bersumber berdasarkan Survei Mastel (2019) berita bohong yang disengaja sebanyak (88%), berita yang menghasut sebanyak (49%, dan berita yang tidak akurat sebanyak (61%).

Tampil sebagai pembicara ketiga, Ade Arfa Putra Ramadan, menjelaskan kita dapat melihat culture learning dari akumulasi dari makna dan komunikasi, memahami perkembangan manusia, alur interaksi antara manusia dan juga makhluk lain serta lingkungannya, memahami setiap motivasi belajar berasal dari aspek masyarakat, aspek lingkungan dan lainya, memahami langkah belajar adalah proses mengenal Allah Swt.

Pembicara keempat, Sureza Sulaiman menuturkan memasuki bulan Juli 2021, kasus harian Covid-19 Indonesia tercatat pecah rekor tertinggi tembus 25.000 hari 2 Juli. Jumlah kasus korona di Indonesia per Jumat sore, 2 Juli 2021 mencapai 2.228.938 orang. Angka ini didapat karena penambahan kasus korona harian dalam 24 jam tercatat sebanyak 25.830 orang.

Tomy Ristanto selaku Key Opinion Leader menyampaikan jika dilihat link yang tidak jelas ya sudah kita abaikan saja atau kita report. Karena jarimu adalah harimaumu.

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Seperti Rina yang bertanya bagaimana cara meningkatkan keamanan dalam kita menggunakan media sosial, karena selama ini banyak situs dan berita hoax yang dapat diakses?

Narasumber Masrizal Umar menanggapi konten memang banyak di post dimanapun, dan ada bermacam macam jenis hoax. Kita bisa liat dari link nya jika sumber nya sudah tidak jelas maka bisa dibilang itu hoax, yang kedua jika kita lihat dari website kita bisa check infonya di google, dan tips dari saya jika mendapat informasi yang tidak penting ya sudah kita hapus saja, kalau kita bicara media itu bisa kita lihat di bagian bawah apakah sudah terverifikasi atau tidak dan kita lihat konten nya.

Webinar ini merupakan satu dari rangkaian webinar yang diselenggarakan di Kabupaten Aceh Besar. Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang.[](*)

Saling Sapa App
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *