Banjir Di Aceh Timur Meluas, Ribuan Warga Mengungsi thumbnail

Banjir Di Aceh Timur Meluas, Ribuan Warga Mengungsi

Diposting pada

Aceh Timur (ANTARA) – Banjir di Kabupaten Aceh Timur meluas akibat hujan dengan intensitas tinggi sehingga ribuan warga harus mengungsi.

“Desa-desa terdampak banjir membuat warga harus mengungsi ke meunasah dan rumah-rumah tetangga. Ada juga warga juga masih bertahan di rumah masing-masing,” kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Timur, Ashadi di Aceh Timur, Jumat. 

Berdasarkan data sementara BPBD Aceh Timur, banjir sebelumnya melanda sejumlah desa di Kecamatan Birem Bayeun, kini meluas di sejumlah kecamatan lainnya, seperti Simpang Ulim dan Peudawa.

“Banjir juga dilaporkan terjadi di sejumlah desa dalam Kecamatan Ranto Peureulak, Indra Makmu, Julok, Peureulak,”kata Ashadi. 

Selain banjir, sejumlah jalan penghubung antardesa juga putus akibat longsor, seperti jalan penghubung Desa Buket Seuleumak dengan Desa Alue Seuntang di Kecamatan Birem Bayeun. 

Bupati Aceh Timur Hasballah HM Thaib bersama unsur muspida meninjau sejumlah lokasi banjir seperti Julok, Nurussalam, dan Indra Makmu. 

“Ada beberapa kecamatan yang terdampak banjir. Bahkan beberapa fasilitas umum juga ikut rusak seperti jalan dan jembatan,” kata Hasballah.