Bantuan Mulai Mengalir Ke Pengungsi Banjir Di Aceh Timur thumbnail

Bantuan Mulai Mengalir Ke Pengungsi Banjir Di Aceh Timur

Diposting pada

Idi (ANTARA) –  Pemerintah Kabupaten Aceh Timur menyalurkan bantuan sembako terhadap warga yang mengungsi akibat banjir di sejumlah lokasi di daerah itu

“Sembako sudah kita salurkan ke lokasi pengungsi,” kata Kepala Dinas Sosial Aceh Timur, Elfiandi di Aceh Timur, Jumat. 

Sementara itu, sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur juga turun ke lokasi, seperti Bupati Aceh Timur Hasballah M Thaib, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kasatpol-PP dan WH.

“Bantuan yang sudah kita salurkan sembako untuk warga yang terdampak bencana banjir, seperti beras, telur, minyak goreng, mi instan, roti, gula, dan lainnya. “kata Elfiandi.

Ia juga mengatakan bukan hanya pemerintah Aceh Timur, tapi salah satu perusahaan migas yakni  PT Medco E&P Malaka juga ikut menyalurkan ratusan nasi bungkus untuk korban banjir.

“Mereka ikut menyalurkan nasi bungkus dulu, karena hingga sekarang belum ada tempat memasak, dan pihaknya juga mengerahkan dua spead boat untuk mengevakuasi korban terjebak banjir di Indra Makmur, “kata Elfiandi.

Sementara Bupati Aceh Timur Hasballah HM Thaib atau Rocky meminta pihak kecamatan turun ke seluruh lokasi banjir di desa. Kerjasama tim sangat dibutuhkan, sehingga masyarakat yang terdampak banjir segera tertangani.

 “Aparat desa harus kompak dalam mendata kerusakan fasilitas umum, termasuk rumah yang terendam juga perlu pendataan,” kata Rocky.

Masyarakat yang mendiami pesisir sungai, kata mantan GAM itu, meminta agar segera pindah, karena luapan air sungai telah membuat rumah penduduk tergenang dengan ketinggian air antara 50 centimeter hingga 1,2 meter. 

“Kami juga minta orangtua/wali menjaga anak-anak dibawah umur agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” demikian Rocky.