Sabang Berikan Penghargaan Anugerah Inovasi Daerah thumbnail

Sabang Berikan Penghargaan Anugerah Inovasi Daerah

Diposting pada

Sabang (ANTARA) – Pemerintah Kota Sabang memberikan penghargaan Inovasi Daerah Kota Sabang tahun 2021 kepada tiga elemen yang memiliki peran strategis dalam berinovasi bagi daerah dan dinilai mampu berkomitmen mewujudkan pelayanan berintegritas di lingkungan Pemerintah Kota Sabang.

Kepala Bappeda Kota Sabang Faisal Azwar, Jumat, mengatakan inovasi di sektor publik merupakan strategi yang harus ditempuh Pemerintah Daerah untuk mengatasi sebagian besar masalah birokrasi. Inovasi tidak hanya penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan tapi juga meningkatkan kapabilitas pemerintah daerah.

“Menindaklanjuti hal tersebut, untuk memacu dan memotivasi perangkat daerah dan pemerintah gampong, pada tahun 2021 Pemerintah Kota Sabang melalui Bappeda melaksanakan lomba inovasi daerah, dengan melibatkan unsur Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI sebagai tim penilai lomba ini,” kata Faisal Azwar di Kota Sabang.

Lomba inovasi daerah 2021 dimenangkan Disperindagkop dan UKM Kota Sabang dengan inovasinya Ban Tan Meulabo atau Bantuan Pembuatan Merek, Label dan Logo yang difokuskan dalam membantu para pelaku usaha UKM dalam bidang identitas produksi sebagai terobosan untuk meningkatkan pemasaran sebagai pemenang pertama.

Sedangkan untuk pemenang kedua yakni UPTD Puskesmas Iboih Kota Sabang dengan inovasi Poliram atau Poli Igoe Rakan Aneuk Mit yang menyasar pada penciptaan suasana yang menyenangkan dalam kegiatan pemeriksaan ataupun perawatan kesehatan gigi pada anak. 

“Dan yang terakhir yakni Gampong Ie Meulee Kota Sabang dengan inovasinya Ie Meulee Glee dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat dalam Gampong Ie Meulee. Semua pemenang diberikan penghargaan dan dihadiahi uang tunai dan piagam,” katanya.

Sekretaris Daerah Kota Sabang Zakaria menyampaikan selamat dan mengapresiasi kepada para pemenang atas kinerja dan kerja kerasnya dalam meningkatkan inovasi-inovasi bagi pelayanan kepada masyarakat. 

“Selamat dan terimakasih atas dedikasi dalam mengikuti lomba ini, semoga dengan penghargaan ini bisa memicu semangat kita bersama untuk terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Sabang,” katanya.

Menurut Sekda Kota Sabang, inovasi-inovasi yang dilakukan harus sesuai dengan perkembangan zaman, dimana era globalisasi dan digitalisasi sangat mendominasi seluruh aspek pelayanan. 

“Dengan begitu diharapkan mampu menciptakan pelayanan yang memudahkan bagi masyarakat,” katanya.