[SALAH] “Bonus Rp 12 Miliar Buat Team “Garuda” Dikejuaraan AFF 2020″ thumbnail

[SALAH] “Bonus Rp 12 Miliar Buat Team “Garuda” Dikejuaraan AFF 2020″

Diposting pada

BUKAN video tentang AFF 2020. FAKTANYA, video yang dibagikan sudah beredar sebelumnya pada tahun 2016 lalu, berkaitan dengan bonus pada AFF tahun 2016.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konteks yang Salah.

SUMBER: Twitter, https://archive.md/lgmG9 (arsip cadangan).

Membagikan video dari TikTok oleh akun “yosep”, https://archive.md/7L1jR (arsip cadangan).

NARASI: “Bonus Rp 12 Miliar buat team “Garuda” dikejuaraan AFF 2020.

Harapan Pak @jokowi dan seluruh Rakyat Indonesia semoga menjadi “Juara dan Pemenang”.

@PSSI pacu terus team Garuda Indonesia.

🏇🏇🤗🤗⚽⚽🇮🇩🇮🇩🇮🇩”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konteks yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1].

SUMBER membagikan video yang sudah beredar sebelumnya pada tahun 2016 lalu, berkaitan dengan bonus pada AFF tahun 2016, yang selain ditambahkan narasi yang memelintir konteks disebarkan dengan memanfaatkan momen AFF 2020, sehingga membangun kesimpulan KELIRU.

Verifikasi Video

Salah satu video dengan frame yang identik, CNN Indonesia pada 17 Desember 2016: “Presiden Joko Widodo menjanjikan bonus 12 miliar rupiah, kepada tim nasional sepak bola Indonesia, yang Sabtu ini kembali berlaga, di ajang AFF. Hal itu disampaikan presiden Jokowi saat menikmati akhir pekannya di Istana Bogor, Jawa Barat. Jokowi terus memberikan dukungan pada timnas PSSI Indonesia. Terutama saat Thailand vs Indonesia dalam laga final piala AFF 2016.” [2]

Sumber lain dengan frame video yang identik, KOMPASTV pada 17 Desember 2016: “Tim nasional Indonesia mendapat suntikan semangat dari Presiden Joko Widodo. Selain doa agar bisa juara Piala AFF, Presiden Jokowi ternyata sudah mempersiapkan bonus miliaran rupiah untuk tim nasional.” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

detik.com pada 17 Desember 2016: “Bogor – Hadiah besar sudah menanti para pemain Timnas Indonesia jika berhasil menjuarai Piala AFF Suzuki Cup. Presiden Joko Widodo menjanjikan hadiah Rp 12 miliar.” [4]

WE Online pada 17 Desember 2016: “Presiden Joko Widodo menjanjikan bonus Rp. 12 miliar ?terhadap tim nasional (timnas) Indonesia bila mampu meraih juara Piala AFF . Namun syarat itu tentu berat mengingat Boaz Solossa dan kawan-kawan harus melakoni ?laga kedua final Piala AFF kontra Thailand di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, malam ini.?” [5]

Pencarian Google, kata kunci: “final aff 2020 indonesia thailand”. [6]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[2] youtube.com: “Presiden Jokowi Janjikan Bonus Rp 12 Miliar untuk Timnas”, https://bit.ly/3JrBpin / https://archive.md/MAiyx (arsip cadangan).

[3] youtube.com: “Presiden Siapkan Bonus Rp 12 Miliar Bagi Timnas Indonesia”, https://bit.ly/3HiXs9e / https://archive.md/gacJx (arsip cadangan).

[4] detik.com: “Jokowi: Jika Juara AFF, Timnas Dapat Bonus Rp 12 M”, https://bit.ly/32OFaOl / https://archive.md/yV6V1 (arsip cadangan).

[5] wartaekonomi.co.id: “Wow! Jokowi Siapkan Bonus Besar Bagi Timnas Bila Juara”, https://bit.ly/3sK0u2o / https://archive.md/nsugx (arsip cadangan).

[6] google.com, https://bit.ly/3JvaOBl (arsip cadangan).