[SALAH] Pemesanan Online Vaksin Covid-19 Sinopharm Melalui E-Commerce thumbnail

[SALAH] Pemesanan Online Vaksin Covid-19 Sinopharm Melalui E-Commerce

Diposting pada

Informasi menyesatkan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengatakan bahwa informasi terkait cara untuk mendapatkan vaksin Sinopharm di salah satu toko online melalui reservasi dengan deposit Rp10 ribu dan mengisi link https://forms.gle/JsF73mynTJgz2LUb8 atau langsung mendaftar dengan pembayaran penuh dengan harga Rp700 ribu adalah tidak benar.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: PORTAL

======

[NARASI]:

“MENDAFTAR / MEMBUAT RESERVASI SLOT VGR COVID-19 SINOPHARM

Rp 10.000 – Membuat reservasi dengan deposit

Rp 700.000 – Mendaftar dengan pembayaran penuh (SAAT INI TERJUAL HABIS)

Merasa frustasi karena anda belum dapat divaksinasi melalui program vaksinasi nasional? Jangan menunggu lagi, daftar bersama kami untuk melindungi diri Anda dari COVID-19!

Kami menawarkan slot vaksinasi Sinopharm dari Vaksinasi Gotong Royong di berbagai provinsi. Jangan menunggu pemerintah menyelamatkan kita dari COVID-19, selamatkan dirimu dulu!”

======

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah tangkapan layar sebuah E-Commerce yang menampilkan pemesanan slot untuk vaksinasi COVID-19 Gotong Royong Sinopharm. Dalam tangkapan layar tersebut disebutkan bahwa pemesanan vaksin Sinopharm ditawarkan dengan deposit sebesar Rp10 ribu untuk reservasi atau membayar penuh sebesar Rp700 ribu.

Berdasarkan penelusuran, melansir dari Jalahoaks yang berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bahwa informasi terkait cara untuk mendapatkan vaksin Sinopharm di salah satu toko online melalui reservasi dengan deposit Rp10 ribu dan mengisi link https://forms.gle/JsF73mynTJgz2LUb8 atau langsung mendaftar dengan pembayaran penuh dengan harga Rp700 ribu adalah tidak benar.

Kementerian Kesehatan juga menegaskan bahwa penyelenggaraan vaksinasi COVID-19 hanya ada 2 jalur, yaitu vaksinasi program penanggungjawab Kementerian Kesehatan (jenis vaksin yg digunakan Sinovac, Coronavac, Astrazeneca, dan Pfizer) dan vaksinasi gotong royong penanggungjawab Kementerian BUMN bekerja sama dengan Kadin (vaksin Sinopharm).

Vaksinasi Covid-19 tidak diperjualbelikan secara bebas. Bila ada yg pihak menjual bebas, sebaiknya kita bisa membantu dengan melaporkan (report) ke marketplace tempat ditemukan, dan dapat berkoordinasi juga dengan Badan POM selaku pengawas peredaran obat (termasuk vaksin).

======

REFERENSI:

https://jalahoaks.jakarta.go.id/detail/HOAKS-Reservasi-Slot-Vaksin-Covid-19-Sinopharm-Melalui-E-Commerce

https://www.antaranews.com/berita/2609649/hoaks-pemesanan-daring-vaksin-sinopharm-lewat-lokapasar