[SALAH] Poster Acara Perayaan Tahun Baru 2022 Rembang Expo thumbnail

[SALAH] Poster Acara Perayaan Tahun Baru 2022 Rembang Expo

Diposting pada

Poster palsu. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan , Koperasi dan UKM (Dinperindagkop) , Mohammad Mahfudz juga mengkonfirmasi bahwa flyer tersebut berisi informasi bohong. Masyarakat diminta bijak ketika menerima informasi apapun.

======

[KATEGORI]: KONTEN PALSU

======

[SUMBER]: https://archive.fo/oVRUf

======

[NARASI]:

“Rembang Pantura jateng”

[PENJELASAN]:

Beredar di media sosial Facebook sebuah poster perayaan tahun baru 2022 bertajuk Rembang Expo yang diselenggarakan pada 27-31 Desember 2021 dan berlokasi di alun-alun Rembang. Dalam poster tersebut tertera berbagai kegiatan yang akan dilakukan seperti pameran UMKM, pameran multi produk, pameran industri, pentas seni dan hiburan, pentas musik akhir tahun, lomba dan kreatifitas, talk show, carnaval tahun baru, dan pesta kembang api.

Berdasarkan penelusuran, melansir dari laman resmi rembangkab.go.id mengklarifikasi bahwa poster yang beredar tersebut adalah hoaks. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan , Koperasi dan UKM (Dinperindagkop) , Mohammad Mahfudz juga mengkonfirmasi bahwa flyer tersebut berisi informasi bohong. Masyarakat diminta bijak ketika menerima informasi apapun.

“Terimakasih konfirmasinya atas berita ini, jangan sampai isu-isu semacam ini menimbulkan permasalahan di tengah-tengah upaya kita bersama mencegah penyebaran virus covid-19.”

Mahfudz menghimbau agar masyarakat tak larut dalam euforia malam pergantian tahun. Kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan dihindari dulu, karena pandemi covid-19 belum berakhir.

Kabag Ops Polres Rembang, Kompol M. Mansur juga memastikan bahwa flyer ataupun informasi tersebut adalah informasi yang tidak benar atau hoax. Ia menambahkan selama tanggal 31 Desember sampai 1 Januari alun- alun ditutup.

“Ini suratnya baru di pak Sekda. Nanti kita sosialisasikan ke pedagang yang ada di kawasan alun- alun untuk tutup, ” imbuhnya.

Kompol M. Mansur juga menegaskan Polres Rembang akan mencari siapa pembuat dan penyebar informasi hoax itu.

“Jadi siapa yang nyebar akan kita cari, reskrim akan kita kerahkan. Masyarakat jangan menyebarkan berita hoax, ini sudah perintah dari pusat untuk alun- alun tanggal 31 dan tanggal 1 harus tutup, ” ungkapnya.

======

REFERENSI:

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-selebaran-acara-tahun-baru-di-rembang.html