Kucurkan Rp153 Miliar, Pemkab Aceh Barat Bangun Jalan Lingkar 133,63 Km Sejak 2018 thumbnail

Kucurkan Rp153 Miliar, Pemkab Aceh Barat Bangun Jalan Lingkar 133,63 Km Sejak 2018

Diposting pada

Meulaboh (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat hingga akhir tahun 2021 lalu telah berhasil membangun jalan lingkar kabupaten (Ring Road) sepanjang 133,63 kilometer sejak tahun 2018 lalu, guna mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah itu.

“Dari total ruas jalan sepanjang 133,63 kilometer yang kita bangun, total anggaran yang terserap dalam pembangunan jalan lingkar ini sudah mencapai Rp135 miliar,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Aceh Barat DR Kurdi MT kepada ANTARA di Meulaboh, Sabtu.

Kurdiu menjelaskan penanganan pembangunan ruas jalan lingkar di Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 2018 hingga tahun 2021 telah menggunakan anggaran dengan total lebih dari Rp135 miliar lebih.

Ada pun sumber dana yang digunakan yaitu bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA).

Ada pun rincian anggaran yang telah digunakan per tahun anggaran sejak tahun 2017 kata dia yakni sebesar Rp10,9 miliar, kemudian pada tahun 2018 sebesar Rp13 miliar lebih, pada tahun 2019 sebesar Rp22,4 miliar, pada tahun 2020 sebesar Rp34,6 miliar lebih, serta pada tahun 2021 sebesar Rp54,8 miliar lebih.

Kurdi juga menjelaskan, tujuan program pembangunan jalan lingkar merupakan program yang diusung oleh Bupati Aceh Barat H Ramli MS di periode 2017-2022, berupa pembangunan jalan yang menghubungkan wilayah-wilayah bagian luar dalam Kabupaten Aceh Barat.

Program ini, kata, dia, bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah, terutama wilayah yang selama ini relatif terisolasi akibat belum ada atau kurang baiknya jalan penghubung yang tersedia. 

Dengan konektivitas antar wilayah yang baik, maka diharapkan terjadi perubahan menuju arah yang lebih positif pada willayah-wilayah yang relatif terisolasi tersebut, baik dari segi ekonomi maupun sosial budaya. 

Kurdi juga menjelaskan lokasi jalan lingkar Kabupaten Aceh Barat yang memiliki panjang 156,10 kilometer, dimulai dari kecamatan paling barat yaitu Kecamatan Arongan Lambalek dan menuju ke arah utara dan timur dengan melewati Kecamatan Woyla Barat, Woyla, Sungai Mas, Woyla Timur, Panton Reu, Pante Ceureumen, Kaway XVI, dan berakhir di Kecamatan Meureubo sebagai kecamatan yang berada pada sisi timur Kabupaten Aceh Barat. 

Berdasarkan kewenangan penanganan, terdapat jalan dengan kewenangan provinsi sepanjang 22,47 kilometer yaitu Jalan Batas Pidie – Meulaboh, sementara sisanya sepanjang 133,63 kilometer merupakan jalan dengan kewenangan kabupaten, sebanyak 17 ruas jalan. 

Selain itu juga terdapat empat unit jembatan yang harus dibangun untuk menghubungkan ruas-ruas tersebut antara lain Jembatan Gaseu-Sipot, Jembatan Ujong Raja, Jembatan Krueng Antong dan Jembatan pada Ruas Jalan Kuala Manyeu-Ujong Raja. 

“Insya Allah jika Allah SWT mengizinkan, pada tahun 2022 ini seluruh ruas jalan lingkar di Aceh Barat sudah teraspal 100 persen sepenuhnya,” kata Kurdi menuturkan.