[SALAH] Pasien Korban Erupsi Semeru Di RSUD Dr. Haryoto Diharuskan Membeli Underpad Sendiri thumbnail

[SALAH] Pasien Korban Erupsi Semeru Di RSUD Dr. Haryoto Diharuskan Membeli Underpad Sendiri

Diposting pada

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta). Informasi tersebut salah. Faktanya, pihak RSUD dr. Haryoto melalui akun Instagram resminya menegaskan bahwa seluruh biaya perawatan di RSUD termasuk underpad ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Lumanang.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten yang Menyesatkan

===

Sumber: WhatsApp

===

Narasi:

“Assalamualaykum pak/bu, ini ada korban erupsi yang sedang di ICU RSUD Haryoto butuh bantuan underpad (sehari harus ganti 3x) rsu sendiri tidak menyediakan jadi pasien harus beli sendiri, sy tadi cari k kelurahan tompokersan, tidk ada, pendopo blm dapat. Barangkali bisa dibantu”.

Penjelasan:

Beberapa waktu lalu sempat beredar pesan berantai terkait dengan informasi tentang sebuah rumah sakit di daerah Lumajang yang tidak menyediakan underpad bagi pasien korban erupsi Gunung Semeru yang sedang di ICU, sehingga pasien harus membeli sendiri underpad tersebut.

Melansir dari akun Instagram resmi RSUD Haryoto @rsudharyoto, pihak RSUD menegaskan bahwa informasi tersebut salah. Selain itu pihak RSUD juga menyatakan bahwa seluruh biaya perawatan di RSUD dr. Haryoto bagi pasien korban erupsi Gunung Semeru telah ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang termasuk di dalamnya bahan habis pakai, yang salah satunya adalah underpad.

Tidak hanya itu, pihak RSUD juga menegaskan bahwa selain para pasien, pihak RSUD juga memberikan akses kepada seluruh keluarga korban erupsi yang sedang dirawat dengan menggunakan kartu Semeru untuk memperoleh makanan dan minuman gratis sebanyak 3x sehari di kantin RSUD dr. Haryoto.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait pasien korban erupsi Semeru di RSUD dr. Haryoto diharuskan membeli underpad sendiri ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Referensi:

https://malang.suara.com/read/2021/12/11/192606/rsud-haryoto-luruskan-kabar-pasien-korban-erupsi-semeru-disuruh-beli-underpad-sendiri

https://www.instagram.com/p/CXQx62UAqrg/

Penulis: Novita Kusuma Wardhani

Editor: Bentang Febrylian