[SALAH] Video “Kebiadaban Myanmar Terhadap Ummat Islam Tidak Bisa Dimaafkan” thumbnail

[SALAH] Video “Kebiadaban Myanmar Terhadap Ummat Islam Tidak Bisa Dimaafkan”

Diposting pada

BUKAN di Myanmar. Video tersebut adalah bagian dari proses pelatihan perekrutan unit komando pasukan elit Malaysia, Grup Gerak Khas (GGK).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

===========================================

Kategori: Konteks yang Salah

===========================================

Akun Facebook Insan Dhoif (fb.com/100073165440015) pada 18 Desember 2021 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan beberapa orang yang ditempatkan dalam kerangkeng kayu di dalam air dengan narasi sebagai berikut:

“Kebiadaban kalian terhadap ummat Islam tidak bisa dimaafkan! Kalian tunggu kebangkitan Islam,camkan itu!”

Di kolom komentar, akun ini menjawab pertanyaan akun yang mempertanyakan lokasi video itu dengan komentar: “Di Myanmar,rezim komunis sudah menyebar di seluruh Asia rupanya”

Sumber: bit.ly/3pGDHCv (Arsip)

===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang diklaim sebagai kebiadaban Myanmar terhadap umat Islam merupakan klaim yang salah.

Faktanya, bukan di Myanmar. Video tersebut adalah bagian dari proses pelatihan perekrutan unit komando pasukan elit Malaysia, Grup Gerak Khas (GGK).

Sebelumnya pada tahun 2019, video yang sama pernah diklaim terkait dengan isu Uighur pada saat itu. Klaim ini diperiksa faktanya melalui artikel berjudul [SALAH] Video “Penyiksaan oleh komunis terhadap muslim Uighur” yang terbit di situs turnbackhoax.id pada 28 Desember 2019.

Dilansir dari artikel ini, video lebih panjang terkait proses latihan komando pasukan elit GGK ini diunggah oleh kanal youtube Documentary HD pada 26 Juli 2015 dengan judul “Malaysia GGK Commando Documentary – World’s Special Forces Documentary – Documentary HD”. Di dalam video ini dijelaskan, hukum kurungan di dalam air itu diberikan kepada pasukan itu akibat kesalahan yang mereka perbuat dalam proses latihan.

Dalam rekaman video itu, di menit ke 33:56, Kopral (Corporal) Zahariman bin Mohamad mengatakan bahwa mereka dihukum karena melakukan kesalahan besar yaitu tidak menjalankan tugas dengan benar. Mereka diperintahkan untuk mengumpulkan 1 kg makanan, namun yang dibawa hanya lima atau enam potong makanan, itu kesalahan fatal dan mereka harus dipenjara.

Pasukan Grup Gerak Khusus atau biasa disebut GGK merupakan pasukan khusus dari Angkatan Darat Malaysia yang ditugaskan melakukan misi operasi khusus yang dimiliki pemerintah Malaysia. GGK melakukan misi tindakan langsung, perang non-konvensional, sabotase, anti-terorisme, dan pengumpulan intelijen.

REFERENSI

https://turnbackhoax.id/2019/12/28/salah-video-penyiksaan-oleh-komunis-terhadap-muslim-uighur/

https://www.youtube.com/watch?v=xhmrfaiiKlw

https://en.wikipedia.org/wiki/21st_Special_Service_Group