Liga Inggris - Redam Crystal Palace, West Ham Kantongi Tiga Poin thumbnail

Liga Inggris – Redam Crystal Palace, West Ham Kantongi Tiga Poin

Diposting pada

Jakarta (ANTARA) – West Ham United mengantungi tiga poin penuh setelah meredam kebangkitan Crystal Palace dan menang 3-2 atas lawannya itu dalam laga pekan ke-21 Liga Inggris di Stadion Selhurst Park, London, Sabtu waktu setempat.

West Ham sudah nyaman memimpin 3-0 saat turun minum berkat dua gol Manuel Lanzini setelah gol pembuka yang dibuat Michail Antonio.

Tuan rumah bangkit mencetak dua gol dalam sepuluh menit terakhir melalui Odsonne Edouard dan Michael Olise. Tetapi West Ham merapatkan pertahanan dalam sisa waktu guna membawa pulang tiga poin penuh.

Kemenangan ini membuat West Ham kembali mengamankan posisi kelima klasemen dengan 34 poin setelah beberapa jam sebelumnya disalip Tottenham Hotspur yang mengoleksi 33 poin.

Sedangkan Palace yang menelan kekalahan kedua dalam tiga pertandingan terakhir tak beranjak dari urutan kesebelas klasemen dengan 23 poin dari 20 pertandingan, demikian laman resmi Liga Inggris.

Palace tampil agresif sejak awal laga dan nyaris unggul pada menit pertama jika saja tembakan Jeffrey Schlupp tak membentur tiang gawang.

Baca juga: Liga Inggris – Manchester City perlihatkan karakter juara, kata Rodri Hernandez

Setelah mampu mengantisipasi tekanan awal Palace, West Ham memukul balik dan memaksa kiper Vicente Guaita melakukan tiga penyelamatan atas percobaan gol yang dilakukan Antonio dan Said Benrahma pada menit ke-14.

Tetapi Guaita dibuat tidak berkutik pada menit ke-22 saat Antonio dengan tenang melakukan satu sentuhan menyambut umpan silang Benrahma sebelum membenamkan bola ke gawang tuan rumah dan membawa West Ham unggul.

Tiga menit kemudian, West Ham menggandakan keunggulan ketika Lanzini memperdaya Joachim Andersen dan Marc Guehi setelah menerima umpan dari Declan Rice sebelum menjebol gawang Palace.

Assist untuk gol tersebut menambah manis catatan Rice yang memecahkan rekor sebagai pemain termuda mencapai 150 pertandingan untuk West Ham dalam usia 22 tahun 352 hari.

Palace hampir membalas pada menit ke-42 ketika Christian Benteke menyambar umpan silang Joel Ward, tetapi penyelesaiannya dimentahkan oleh kiper Lukasz Fabianksi.

West Ham justru menambah keunggulan menjadi 3-0 saat turun minum ketika Lanzini mengkonversi tendangan penalti setelah wasit Darren England dan VAR sepakat bahwa Luka Milivojevic melakukan handball di dalam area terlarang pada injury time babak pertama.

Baca juga: Liga Inggris – Manchester City bangkit menang dramatis atas sepuluh pemain Arsenal

Tertinggal tiga gol membuat Palace begitu bernafsu melancarkan serangan saat memasuki babak kedua, tetapi dua peluang awal yang diperoleh Edouard masih belum menemui sasaran.

Palace terus memberondong pertahanan West Ham dan memetik buah kerja keras mereka ketika Edouard menyelesaikan umpan apik kiriman Olise pada menit ke-83 guna memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3.

Olise terus memperlihatkan kontribusi besar sejak masuk menggantikan Benteke pada menit ke-63 dan mencetak gol kedua Palace tepat pada ujung  waktu normal lewat tendangan bebas yang memperdaya Fabianski.

Terancam kehilangan dua poin, tim tamu merapatkan pertahanan dan Palace memperoleh peluang pemungkas pada menit keempat injury time lewat tendangan akrobatik Jean-Philippe Mateta yang  melenceng tipis dari sasaran untuk memastikan West Ham pulang dengan tiga poin.

Kedua tim akan tampil pada putaran ketiga Piala FA. Palace menyambangi tim divisi kedua Millwall pada Sabtu (8/1) pekan depan dan West Ham sehari kemudian menjamu Leeds United.