[SALAH] Wanita Bercadar Masuk Ke Teras Gereja Dan Menaruh Sebuah Tas Di Pot Bunga thumbnail

[SALAH] Wanita Bercadar Masuk Ke Teras Gereja Dan Menaruh Sebuah Tas Di Pot Bunga

Diposting pada

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta). Informasi tersebut salah. Faktanya, Humas Polda Kalimantan Tengah menyatakan bahwa informasi tersebut salah atau hoaks.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten yang Menyesatkan

===

Sumber: WhatsApp

===

Narasi:

“Keluargaku semuaan hati2 kita yg kebaktian malam Natal digereja ni pagi ini SDH ada seorrang perempuan bercadar yg mencurigakan masuk ke teras gereja Eppata Banjar Masin. bawa tas ditaruhnya dipot bunga lalu orangnya tu manelpon dg hp lalu lari masuk ke mobil”.

Penjelasan:

Beberapa waktu lalu sempat beredar pesan berantai yang berisi sebuah imbauan untuk berhati-hati terhadap wanita bercadar yang masuk ke dalam gereja Eppata, Banjarmasin. Pesan berantai itupun disertai dengan sebuah video singkat yang memperlihatkan seorang wanita dengan mengenakan cadar yang sedang masuk ke teras sebuah gereja di Banjarmasin dengan membawa sebuah tas yang ditaruh di pot bunga. Setelah wanita tersebut menaruh tas yang dibawanya, lalu ia menelpon seseorang serta bergegas masuk ke dalam mobil.

Namun melansir dari indonesiatoday.co.id, Humas Polda Kalimantan Tengah menyatakan bahwa informasi tersebut salah atau hoaks. Selain itu melansir dari akun Instagram resmi Humas Polda Kalimantan Tengah, yaitu @humaspoldakalteng. Pihak Humas Polda Kalteng juga menegaskan bahwa informasi tersebut salah. Menurut keterangan Kabidhumas Polda Kalsel melalui Kasubbid PID Hamsan, kejadian tersebut terjadi pada tanggal 20 Desember 2021 sekitar pukul 12.45 WITA di Gereja Eppata, Banjarmasin. Namun, wanita bercadar yang terekam dalam video itupun bertujuan untuk mengantar pesanan Tumpeng ke kantor Kejati Kalsel.

“Ibu dalam video tersebut mau mengantar pesanan Tumpeng ke kantor Kejati Kalsel karena ada salah satu pejabat di Kejati sedang ulang tahun. Tapi ibu tersebut salah masuk kantor Kejati yang berada tidak jauh dari Gereja Eppata,” jelas Hamsan, Humas Polda Kalteng.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait wanita bercadar masuk ke teras gereja dan menaruh sebuah tas di pot bunga ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Referensi:

https://www.instagram.com/p/CX3mmR9pNuK/

https://indonesiatoday.co.id/read/beredar-video-perempuan-bercadar-masuk-gereja-saat-natal-simak-penjelasan-polisi-225525

Penulis: Novita Kusuma Wardhani

Editor: Bentang Febrylian