Selama 2021 Polda Aceh Selamatkan Uang Negara 64,8 Miliar thumbnail

Selama 2021 Polda Aceh Selamatkan Uang Negara 64,8 Miliar

Diposting pada
Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar, IST/RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Aceh, Irjen Pol Ahmad Haydar menyatakan, selama tahun 2021 jajarannya berhasil menyelamatkan kerugian negara sebesar Rp 64,8 miliar lebih.

“Jajaran Tipidkor Ditreskrimsus berhasil melakukan penyelamatan keuangan negara dengan jumlah cukup besar serta barang bukti yang disita dalam tindak pidana korupsi sebesar Rp 662 juta lebih,” kata Kapolda Aceh didampingi Kabid Humas Kombes Pol Winardy dalam penyampaian kinerja dan pencapaian akhir tahun, Jumat (31/12).

Kapolda menjelaskan dari keseluruhan kasus yang diselesaikan oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus telah mencapai 67 persen. Sementara 33 persen masih proses penyidikan.

Sepanjang Januari hingga Desember 2021, laporan polisi kasus kejahatan tindak pidana korupsi ada 9 laporan dengan tiga penyelesaian. Sedangkan kejahatan siber terdapat 46 kasus polisi dengan 37 penyelesaian.

Kemudian disusul Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) 23 kasus dengan 17 penyelesaian. Sedangkan kasus kejahatan Industri Perdagangan (Indagsi) ada 11 laporan dengan 5 penyelesaian. “Untuk kejahatan siber paling banyak. Jumlah total keseluruhan kasus yang ditanggani Ditreskrimsus sebanyak 107 kasus dengan penyelesaian 72 kasus,” kata Kapolda.

Terkait capaian vaksinasi yang dilakukan dengan berbagai upaya untuk menggenjot capaian vaksinasi, agar pada akhir tahun 2021 ditargetkan mencapai 70 persen.

Namun, di penghujung tahun 2021, capaian yang diperoleh berada di angka 64 persen.

“Artinya, masih ada tanggungjawab kita semua agar capaian 70 persen bisa segera terpenuhi,” kata Kabid Humas Polda Aceh. Per tanggal 31 Desember 2021 capaian vaksinasi harian mencapai 105.248 orang, terdiri dari dosis I sebanyak 87.909 orang dan dosis II 17.339 orang.

Jumlah tersebut termasuk besar jika dibandingkan dengan target harian yang ditentukan sebesar 86.200 orang.

Selain itu, Winardy juga menyampaikan, ada beberapa Polres yang capaian vaksinasi dosis I sudah 70 persen atau lebih, yaitu Polresta Banda Aceh, Pidie Jaya, Lhokseumawe, Bener Meriah, Langsa, Aceh Barat Daya, Sabang, Gayo Lues, Simeulue, Aceh Tengah, Aceh Jaya dan Polres Aceh Timur.

Sedangkan untuk dosis II baru Polresta Banda Aceh yang sudah mencapainya.

“Ada 12 Polres yang capaian dosis I sudah 70 persen dan untuk dosis II baru Polresta yang mencapainya. Bagi yang belum terpenuhi akan terus kita doring agar targetnya segera tercapai,” ujarnya.

Selanjutnya, sebut Winardy, sesuai dengan arahan Kapolri, di mana setiap daerah harus segera memenuhi capaian vaksinasi sebesar 70 persen, maka Polda Aceh berkomitmen enam hari ke depan capaian tersebut akan terpenuhi.

“Persentase capaian vaksinasi kita saat ini baru 64 persen. Namun dalam waktu enam hari ke depan capaian 70 persen akan segera kita penuhi agar herd immunity bisa segera terwujud,” kata Winardy saat meng-update capaian harian vaksinasi, Sabtu (1/1).

Oleh karena itu, Winardy berharap, agar seluruh stake holder ikut berkontribusi agar target capaian 70 persen dalam waktu dekat bisa terpenuhi. Ia juga mengharapkan agar masyarakat yang belum vaksin agar segera melaksanakannya.

“Mari yang belum agar segera vaksin. Kita penuhi target 70 persen agar herd immunity di Aceh segera tercipta,” tandasnya. (bai)