Vaksinasi di Kota Padang Capai 79 Persen thumbnail

Vaksinasi di Kota Padang Capai 79 Persen

Diposting pada

Pengendara memperlihatkan sertifikat vaksin digital kepada petugas kepolisian saat razia vaksin di Jalan Adinegoro, Padang, Sumatera Barat, Selasa (7/12/2021). Kepolisian menggelar razia vaksin COVID-19 kepada pengendara yang melintas di batas kota Padang dan memberlakukan vaksin di tempat bagi yang kedapatan belum melakukan vaksinasi.

Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra

Capaian vaksin ini akan terus bertambah dengan meningkatnya kesadaran masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG–Kota Padang pada awal 2022 ini mencatatkan capaian vaksinasi 79 persen. Padang mencapai vaksinasi 79 persen hingga Sabtu (1/1) kemarin. “Alhamdulillah angka vaksinasi di Kota Padang sudah mencapai 79 persen,” kata Wali Kota Padang, Hendri Septa, Ahad (2/1).

Hendri Septa mengatakan, capaian vaksin Covid-19 ini akan terus bertambah dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin.“Alhamdulillah pandemi sudah melandai kegiatan juga sudah mulai seperti biasa,” ujarnya.

Dengan meningkatnya angka vaksinasi Covid-19, banyak kegiatan masyarakat menurutnya yang sudah kembali berjalan normal. Hendri berharap, meskipun pandemi sudah melandai, masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan.“Masyarakat yang keluar rumah jangan lupa memakai masker. Jika makan di luar, jangan lupa mencuci tangan dengan sabun,” kata Hendri.

Dirinya berharap, pada tahun 2022 ini adalah tahun kebangkitan. Semua sektor yang ada diharapkan termasuk ekonomi kembali membaik. Sebelumnya diketahui, Pemkot Padang menyatakan bertekad mengejar capaian vaksinasi di angka 80 persen sebelum natal dan tahun baru (Nataru) 2022 pada Jumat (10/12). Namun hingga awal tahun baru tercapai sekitar 79 persen.

Di tempat terpisah, Polres Pesisir Selatan, Sumatra Barat menjadikan seluruh pengunjung objek wisata Pantai Carocok di Painan sebagai sasaran vaksinasi. Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Sri Wibowo, mengatakan liburan akhir tahun di awal Januari membuat banyak masyarakat yang memanfaatkan dengan liburan bersama keluarga dan sanak saudara. Pantai Carocok menjadi salah satu  daya tarik wisatawan berkunjung.

“Pemeriksaan bukti vaksin dilakukan saat masuk kawasan Pantai Carocok dilakukan oleh Polres Pesisir Selatan dalam rangka Operasi Lilin Singgalang Tahun 2021, Operasi Yustisi Sumdarsin atau Sumatra Barat Sadar Vaksin. Operasi dilakukan dari Sabtu dan Minggu,” kata Wibowo, Ahad (2/1).

Pada operasi kali ini Polres menegakan harkamtibmas dan Penegakkan Protokol Kesehatan dalam rangka Operasi Lilin Singgalang Tahun 2021 dari tanggal 24 Desember sampai 2 Januari 2022. Dia juga mengingatkan agar pengunjung objek wisata untuk tertib berlalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan.

Dia menjelaskan, bahwa Polres Pessel masih fokus untuk percepatan vaksinasi di Pessel sampai akhir tahun 2021. Kemudian berlanjut ke awal tahun 2022 yang digelar serentak di seluruh wilayah hukum Polres Pessel. Pihaknya menargetkan vaksinasi hingga 70 persen.

“Ada bonus menarik bagi wisatawan yang akan berkunjung ke objek wisata yaitu berupa vaksinasi ditempat bagi yang belum vaksinasi, dan ini gratis tanpa dipungut biaya,” katanya.

Dia mengajak pada seluruh stakeholder untuk bergerak bersama, agar target pencapain vaksinasi di Pessel bisa tercapai.