Liga Inggris - Brentford, Brighton Dan Leeds Amankan Tiga Poin Penuh thumbnail

Liga Inggris – Brentford, Brighton Dan Leeds Amankan Tiga Poin Penuh

Diposting pada

Jakarta (ANTARA) – Brentford, Brighton & Hove Albion dan Leeds United mengamankan tiga poin penuh setelah mengalahkan lawan masing-masing dalam rangkaian laga pekan ke-21 Liga Inggris pada Minggu.

Brentford yang menjamu Aston Villa di Stadion Brentford Community, London, mampu bangkit dari ketertinggalan untuk meraih kemenangan 2-1 atas tamunya itu.

Danny Ings sempat membawa Villa memimpin kala menyelesaikan umpan Emiliano Buendia dengan tembakan menyilang yang gagal diantisipasi kiper Alvaro Fernandez pada menit ke-16.

Keunggulan itu raib tiga menit jelang turun minum ketika Yoane Wissa memanfaatkan operan dari Mads Rasmussen sebelum melepaskan penyelesaian yang melesakkan bola ke pojok tiang jauh.

Kedua tim bermain terbuka dan saling melancarkan serangan, tapi Brentford lah yang mampu memperoleh gol penentu kemenangan pada menit ke-83 saat Rasmussen menyambar bola muntah hasil tendangannya sendiri yang sempat dimentahkan kiper Emiliano Martinez.

Hasil itu membawa Brentford kembali ke jalur kemenangan setelah kalah di dua pertandingan sebelumnya. Tim besutan Thomas Frank naik ke urutan ke-12 dengan raihan 23 poin, termasuk menyalip Villa yang kini turun di peringkat ke-13 dengan 22 poin.

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Goodison Park, Liverpool, Brighton sukses mempecundangi tuan rumah Everton dengan skor 3-2.

Brighton nyaman memimpin 2-0 saat turun minum disokong gol cepat Alexis Mac Allister pada menit ketiga dan penyelesaian jarak dekat Daniel Burn menyelesaikan situasi sepak pojok.

Everton sebetulnya punya peluang untuk membalas ketika memperoleh hadiah tendangan penalti pada menit ke-25, tetapi eksekusi Dominic Calvert-Lewin melambung terlalu tinggi di atas mistar gawang.

Tuan rumah membuka asa untuk bangkit ketika memperkecil ketertinggalan pada menit ke-53 melalui tembakan Anthony Gordon, tapi Mac Allister merestorasi keunggulan dua gol Brighton lewat gol tendangan voli yang cantik pada menit ke-71.

Everton membalas lagi lewat gol kedua Gordon lima menit kemudian, tetapi Brighton sukses mempertahankan skor 3-2 hingga peluit bubaran.

Kemenangan mengangkat posisi Brighton ke peringkat kedelapan klasemen dengan koleksi 27 poin, sedangkan Everton tak beranjak dari urutan ke-15 dengan 19 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Sementara itu di Elland Road, Leeds yang akhirnya bisa kembali bermain setelah dua pertandingan mereka ditangguhkan karena krisis Covid-19 menandai tahun 2022 dengan kemenangan 3-1 saat menjamu Burnley.

Jack Harrison membuka keunggulan tuan rumah enam menit jelang turun minum dengan menyambar bola muntah hasil tendangannya sendiri yang gagal diantisipasi sempurna kiper Wayne Hennessey.

Burnley sempat menyamakan kedudukan melalui eksekusi tendangan bebas apik Maxwel Cornet pada menit ke-54, tetapi Leeds sukses merestorasi keunggulan mereka melalui tembakan jarak jauh Stuart Dallas melewati kerumunan pemain di kotak penalti tim tamu.

Daniel James lantas melengkapi kemenangan Leeds jadi 3-1 dengan menanduk umpan silang Joe Gelhardt di area tiang jauh pada menit kedua injury time.

Meski menang, Leeds tak beranjak dari urutan ke-16 dengan raihan 19 poin dari 19 pertandingan, sedangkan Burnley masih terjebak di zona merah menempati peringkat ke-18 dengan 11 poin.