PMI Banda Aceh Butuh Darah 150 Kantong Per Hari Untuk 17 Rumah Sakit thumbnail

PMI Banda Aceh Butuh Darah 150 Kantong Per Hari Untuk 17 Rumah Sakit

Diposting pada

Banda Aceh (ANTARA) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh membutuhkan darah sebanyak 150 kantong per hari untuk didistribusikan ke 17 rumah sakit dan klinik di empat kabupaten/kota di Aceh.

“PMI Banda Aceh saat ini menyuplai darah untuk 17 rumah sakit dan klinik di Banda Aceh, Sabang, Aceh Besar, dan Aceh Jaya,” kata Ketua PMI Kota Banda Aceh Dedi Sumardi Nurdin, di Banda Aceh, Senin.

Dedi menyebutkan, adapun rumah sakit yang disuplai darah oleh PMI Banda Aceh diantaranya RSUD Zainal Abidin, RSIA Aceh, RS Meuraxa Banda Aceh, dan RS Pertamedika.

“Ke depan kita berharap semakin banyak lembaga yang bekerja sama untuk donor darah, sehingga stok darah di Banda Aceh dan sekitarnya terpenuhi,” ujarnya.

Dedi menyampaikan, PMI Banda Aceh pada Desember 2021 ini mengumpulkan darah sebanyak 3.813 kantong, dan hasil itu merupakan capaian donasi darah tertinggi yang didapat sejak beberapa tahun terakhir. 

Berdasarkan statistik, kata Dedi, pencapaian donasi pada Desember 2021 kemarin meningkat dari November yang hanya 3.099 kantong. Hal itu menunjukkan kesadaran dan antusias masyarakat untuk berdonor sudah meningkat. 

“Ini hal positif menurut saya. Sebaiknya kita memang rutin berdonor darah karena donor darah banyak manfaatnya untuk diri sendiri dan bisa selamatkan nyawa orang lain,” katanya. 

Dedi mengucapkan terima kasih kepada para pendonor, baik dari kalangan masyarakat umum, ASN, maupun jajaran Kodam IM, yang telah mendonorkan darahnya di PMI Kota Banda Aceh. Sumbangan darah sangat membantu pihaknya dalam memenuhi stok darah di rumah sakit dan klinik. 

“Sekarang kita jarang dengar pasien yang butuh darah, tapi tidak dapat darah. Alhamdulillah ini berkat kesadaran kita semua untuk donor darah,” demikian Dedi.