Usai Diperiksa, Satu Wanita Rohingya di Larikan ke Rumah Sakit thumbnail

Usai Diperiksa, Satu Wanita Rohingya di Larikan ke Rumah Sakit

Diposting pada

Laporan Zaki Mubarak | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM,LHOKSEUMAWE – Sebanyak 105 pengungsi Rohingya yang ditampung sementara jalani tes kesehatan di kamp BLK Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, usai di daratkan di pelabuhan Krueng Geukuh, empat hari lalu.

Berdasarkan catatan dari petugas, dari jumlah pengungsi itu terdiri dari wanita, anak-anak dan lelaki dewasa.

Sementara ini mereka masih menjalani isolasi di pengungsian sesuai protokol Covid 19 oleh Satgas atau pemerintah kota setempat.

Bahkan saat petugas IOM melakukan pemeriksaan kesehatan, satu wanita Rohingya harus dilarikan ke rumah sakit karena jatuh pingsan. Dia bernama Nur Khaya berusia remaja.

Baca juga: Setelah Etnis Rohingya Mendarat di Lhokseumawe, UNHCR Kembali puji Indonesia dan Aceh

“Ada satu pasien dibawa ke ruangan dengan keadaan lemas, sudah kita tensi tadi seratus per depan puluh, pasiennya sudah kurang komunikatif.

Jadi selanjutnya pasien dirujuk ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut,” kata dr Umum Puskesmas Kandang, Kota Lhokseumawe. Adhetya Rahayu, kepada Serambinews.com, Senin (3/1/2022).

Amatan di lokasi, 105 pengungsi Rohingya tersebut Senin pagi tadi sudah menjalani pemeriksaan kesehatan baik itu pemeriksaan kesehatan kulit, suhu tubuh, cek gula darah maupun penyakit umum lainya.

Baca juga: 1.260 Personel Jajaran Polda Aceh Naik Pangkat

“Kita terkendala komunikasi, tapi dia mulai lemas setelah sarapan pagi tadi, kita belum bisa menyimpulkan terkena sakit.

Apakah ada psikosomatis atau apa gitu ya kita belum tau, tapi pasien sudah di rujuk ke rumah sakit,” sebutnya.

Sementara itu, Programme Coordinator IOM Jakarta, Sonya Wallenta saat ditanyai mengatakan, pasien hingga Senin sore masih di rumah sakit, pihaknya belum dapat memastikan apakah pasien akan menjalani rawat inap atau tidak.

“Belum dapat dipastikan apakah dia akan di rawat inap atau tidak, namun sejauh ini dia sedikit membaik,” demikian Sonya.(*)

Baca juga: Banjir di Aceh Timur Kembali Renggut Korban Jiwa Seorang  Anak Kecil