Walikota Affan Pembina Upacara HAB thumbnail

Walikota Affan Pembina Upacara HAB

Diposting pada

HARIANRAKYATACEH.COM – Dengan penuh rasa syukur dan suka cita. Seluruh ASN dan jajaran Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam dengan khitmad mengikuti upacara peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke-76 di lapangan Beringin, Kecamatan Simpang Kiri, pusat Kota Subulussalam, Senin (3/1/22).

Tampak seluruh ASN dengan seksama mendengarkan amanat Menteri Agama RI yang dibacakan Walikota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, S.E, selaku pembina upacara.

Menteri Agama RI dalam amanatnya mengatakan Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama.

Selan itu serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua, sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan NKRI untuk tetap dalam jalurnya.

“Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya beberapa indikator bila dibandingkan antara tahun 2020 dengan 2021. Diantaranya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 menjadi 83,92. Indeks Kerukunan Umat Beragama dari 67,46 menjadi 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA dari 77,28 menjadi 78,90,” ujarnya.

Selian itu, Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya.

Dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama mampu mempertahankan Predikat WTP secara berturut-turut sejak tahun 2016 hingga 2021. Prestasi yang telah dicapai merupakan hasil kerja keras dari para perintis dan sesepuh serta seluruh ASN Kementerian Agama. Sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih, Kementerian Agama telah mengajukan kepada Bapak Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 Pegawai Negeri Sipil.

Di usia yang ke-76 ini, Kementerian Agama harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik.

Untuk itu, jadikan agama sebagai inspirasi.

Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Selain itu, jadikan pula Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama.

Walikota Subulussalam, sangat mengapresiasi upacara Hari Amal Bhakti ke 76.

“Upacara ini sangat khitmad dan meriah. Sepanjang ini, saya belum pernah melihat jajaran Kemenag Kota Subulussalam mengadakan upacara semeriah ini. Ini luar biasa dan membanggakan. Ke depan, kondisi seperti ini mesti terus dipertahankan. Sinergitas yang telah dibangun antara Pemko dan Kemenag, ke depan semakin bertambah kokoh lagi,” tutup H. Affan Alfian Bintang.

Pada upacara tersebut Walikota menyematkan langsung Penghargaan Satyalancana Karya Satya dan Wakil Walikota, Drs. Salmaza, M.AP, ikut menyerahkan piagam Penghargaan kepada ASN dan siswa berprestasi.