Dana Desa Tahap I Sebesar 40 Persen Sudah Bisa Diusul, PMK Masih Perlu Disosilisasi thumbnail

Dana Desa Tahap I Sebesar 40 Persen Sudah Bisa Diusul, PMK Masih Perlu Disosilisasi

Diposting pada

BANDA ACEH – Desa atau gampong di Aceh yang sudah memenuhi syarat pencairan dana desa tahun anggaran 2022 tahap I sebesar 40 persen, sudah bisa mengajukan usulan pencairan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) daerah masing-masing.

Kakanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Aceh, Syafriadi SE, MEC, PHD, menyampaikan hal ini kepada Serambi di Banda Aceh, Senin (3/1).

Kakanwil DJPb Aceh, Syafriadi       
Kakanwil DJPb Aceh, Syafriadi        (For Serambinews.com)

Namun, kata Syafriadi, sebelum permohonan usulan itu diajukan,sebaiknya DPMG setempat terlebih dahulu berkonsultasi ke KPPN setempat.

“Mungkin ada hal yang baru yang harus disesuaikan, sehingga pencairannya berjalan lancar,” kata Syafriadi.

Syafriadi mengatakan, mulai hari ini Selasa (4/1), dirinya tidak lagi menjabat Kakanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Aceh, karena sudah dilantik menjadi Direktur Sistem Manajemen Investasi Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu.

Sebagai penggantinya sementara, nanti akan ada Pelaksana tugas (Plt) Kakanwil Ditjen DJPbAceh, sebelum ada pejabat definitif.

Terkait pencairan dana desa Aceh untuk tahun anggaran 2022 senilai Rp 4,6 triliun, yang Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 190.09/2021 tentang Pengelolaan Dana Desa 2022, sudah turun, kata Syafriadi, dirinya pada saat pamitan dengan Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah, MT di Pendopo, Senin (3/1) terkait kepindahannya ke Jakarta, bertemu dengan Plt Kadis PMG Aceh, Dr Zulkifli.

Dalam pertemuan dengan Plt Kadis PMG Aceh itu, kata Syafriadi, dirinya bersama stafnya Hadad, juga sempat membicarakanpercepatan pencairan dana desa tahun anggaran 2022 tahap I sebesar 40 persen.

“ Kalau bisa dilakukan sesuai target yang sudah dibuat Sekda Aceh, dr Taqwallah MKes, tanggal 10 Januari 2022,”ujarnya.

Baca juga: Realisasi Dana Desa di Aceh Sudah 99,9 Persen & Serap Anggaran Rp 4,9 Triliun, Peringkat 8 Nasional

Baca juga: Jaga Protkes, TNI/Polri Kawal Pendistribusian BLT Dana Desa di Pintu Rime Gayo

Syafriadi mengatakan, pada tahun 2021 lalu, Aceh mendapat penghargaan dari Kemendes, atas pencairan tercepat dana desatahap I sebesar 40 persen.