[SALAH] Foto Rudal Balistik Buatan Indonesia Diangkut Truk thumbnail

[SALAH] Foto Rudal Balistik Buatan Indonesia Diangkut Truk

Diposting pada

Bukan membawa rudal balistik. Truk dalam video tersebut merupakan truk pengangkut tiang pancang atau paku bumi untuk proyek jalan tol Pemalang-Batang pada 2017.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: https://archive.fo/dZ1r2

======

[NARASI]:

“Jarang terlihat Rudal Balistik buatan Indonesia. Para ahli memperkirakan bahwa rudal ini memiliki jangkauan 1000km dan dapat membawa 2 hulu ledak nuklir, cukup untuk menakuti China”.

======

[PENJELASAN]:

Akun Facebook bernama Merdeka Saptatih mengunggah postingan berupa foto yang memperlihatkan sebuah truk yang melewati pemukiman warga sedang membawa benda-benda berukuran besar. Akun tersebut lantas mengklaim bahwa benda tersebut adalah rudal balistik buatan Indonesia yang memiliki jangkauan 1000km dan membawa 2 hulu ledak nuklir serta cukup untuk menakuti China.

Berdasarkan penelusuran, Faktanya benda-benda tersebut bukanlah rudal balistik seperti narasi klaim. Dilansir dari kanal Youtube seputar PROYEK berjudul “[lagi] Monster Bawa RUDAL # teruus teruuss kiri KIRI Tol Pemalang – Batang” pada 26 Januari 2017 diketahui bahwa truk tersebut mengangkut paku bumi atau tiang pancang untuk proyek tol Pemalang-Batang.

“Monster Bawa RUDAL # teruus teruuss kiri KIRI Tol Pemalang – Batang. para monster pembawa paku bumi ini sepertinya tak habis habisnya memasuki lokasi tol di pemalang Indonesia. Truck truck besar seperti membawa Rudal rudal panjang yang siap untuk proses peluncuran. karena dalam pendistribusian maka jalur atau jalan yang di lewati para monster truk ini tak elak mendapati keadaan becek berdebu rusak bahkan sebagian diantaranya amblas rusak parah. Material paku bumi ini sedianya akan ditancapkan pada lokasi di kecamatan Bodeh Pemalang sebagai Pancang atau perkuatan tanah pondasi yang akan diteruskan keatas berupa tiang penyangga Girger Jalan TOL tersebut.

Mari SUKSESKAN TOL TRANS jAWA.

Seputar PROYEK Channel…” tulis kanal Youtube seputar Proyek pada kolom deksripsi video.

Informasi menyesatkan serupa juga pernah beredar dan telah diverifikasi di laman turnbackhoax.id namun dengan lokasi yang berbeda dengan artikel berjudul “[SALAH] Foto Truk Bermuatan Rudal Di Jalan Tol” pada 9 Oktober 2019 dan artikel berjudul “[SALAH] Foto Nuklir Milik Indonesia” pada 19 Februari 2021.

======

REFERENSI:

https://www.antaranews.com/berita/2622321/hoaks-foto-rudal-buatan-indonesia