Anggota DPR RI Minta Maksimalkan Pembiayaan Dan Pengembangan Sektor Rill thumbnail

Anggota DPR RI Minta Maksimalkan Pembiayaan Dan Pengembangan Sektor Rill

Diposting pada

Banda Aceh (ANTARA) – Anggota DPR RI Rafli Kande meminta Bank Aceh Syariah dan seluruh perbankan syariah di provinsi paling barat Indonesia itu untuk memaksimalkan pembiayaan untuk pengembangan sektor rill sebagai inovasi dari kebijakan di Aceh.

“Kita mendorong peran lembaga keuangan di Aceh agar terus bergerak mengoptimalkan pembiayaan pada sektor rill, agar kemurniaan orientasi pelaksaan qanun syariah di Aceh jelas, merujuk pada pertumbuhan ekonomi masyarakat berbasis islam,” kata Rafli di Banda Aceh, Kamis.

Rafli menjelaskan seiring dengan penerapan qanun lembaga keuangan berbasis syariah yang tengah diberlakukan di Tanah Rencong itu.

Rafli mencontohkan seperti pembiayaan UMKM sebelum pemberlakuan qanun syariah, yang memang cukup membantu perekonomian masyarakat bumi Serambi Mekkah itu.

“Bagian ini saya kira bisa kita adopsi dan inovasikan,” kata Rafly.

Menurut Rafli kebijakan pemerintah menunjuk tiga bank BUMN yaitu Mandiri, BNI, dan BRI pada Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di sektor pembiayaan UMKM perlu perhatian khusus bagi Aceh.

“Kita harap pemerintah pusat juga bisa penyaluran KUR tanpa angunan melalui Bank Syariah Indonesia (BSI) di Aceh, supaya tidak terjadi disparitas pembiayaan bagi UMKM seluruh Indonesia, mengingat tidak adanya tiga bank konvensional tersebut di Aceh,” katanya.