Kita Prihatin, Banjir Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur Telan Lima Nyawa thumbnail

Kita Prihatin, Banjir Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur Telan Lima Nyawa

Diposting pada

Korban meninggal akibat banjir di Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur hingga Selasa (4/12/2022) pagi sudah mencapai lima orang.

Jumlah warga yang terpaksa mengungsi juga terus bertambah.

Para korban banjir, terutama yang berada di pengungsian dilaporkan mulai terserang berbagai penyakit, terutama gatal-gatal.

Kepada masyarakat terdampak banjir di beberapa kabupaten/kota itu, Pemerintah Aceh mengirimkan bantuan masa panik sebanyak empat truk berupa beras, minyak goreng, gula pasir, air mineral kemasan, telur, dan mi instan.

Menurut laporan dua hari lalu, di Aceh Utara banjir terus meluas.

Kota Lhoksukon yang merupakan Pusat Pemerintahan dan Perdagangan Kabupaten Aceh Utara lumpuh total terendam banjir dengan ketinggian air ada yang mencapai lebih satu meter.

Ribuan toko bersama isinya terendam air sudah tiga hari.

Sedangkan di Aceh Timur, banyak ruas jalan yang rusak sehingga sejumlah kendaraan pengangkut penumpang dan barang terbalik.

Ini antara lain terjadi di ruas jalan Peureulak-Lokop-Gayo Lues, tepatnya di Desa Beurandang, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur.

Jalan yang sangat penting bagi aktivitas ekonomi masyarakat antar kabuoaten itu hingga kemarin sebagiannya masih terendam banjir hingga beberapa kenderaan terperosok dan terbalik.