[SALAH] Imam Besar Kadrun Yang Baru Rojack Al Garong thumbnail

[SALAH] Imam Besar Kadrun Yang Baru Rojack Al Garong

Diposting pada

Foto hasil suntingan atau editan dari dua foto yang berbeda.

======

[KATEGORI]: SATIRE/PARODI

======

[SUMBER]: http://bitly.ws/nkKP

======

[NARASI]:

“Imam Besar Kadrun yg baru : IMAM BESAR ROJACK AL GARONG

BUNGKUSLAH TUBUHMU DGN JUBAH DAN SORBAN…. MAKA ORG” DUNGU AKN MENGIKUTI APA PUN YG KAU KATAKAN ..!!”

======

[PENJELASAN]:

AKun Facebook bernama Fauzie Husni memposting sebuah gambar yang memperlihatkan sosok Rocky Gerung mengenakan peci dan selndang sorban di kepalanya sambil memegang mikrofon. Dalam foto tersebut juga terdapat narasi “Imam Besar Kadrun yg baru : IMAM BESAR ROJACK AL GARONG

BUNGKUSLAH TUBUHMU DGN JUBAH DAN SORBAN…. MAKA ORG” DUNGU AKN MENGIKUTI APA PUN YG KAU KATAKAN ..!!”.

Berdasarkan penelusuran, ditemukan bahwa foto tersebut merupakan hasil editan dari dua buah foto. Foto asli pertama adalah foto Bahar bin Simth yang identik dengan foto sampul dari artikel merdeka.com berjudul “Berkas Kasus Lengkap, Bahar bin Smith Segera Disidang”, (4/2/19).

Kemudian foto kedua yaitu wajah Roky Gerung yang identik dengan sampul artikel kumparan.com berjudul “Diskusi di Denpasar, Rocky Gerung Kritik Gizi Buruk hingga Ekonomi RI”, (10/4/19).

Foto editan serupa juga pernah diverifikasi oleh situs turnbackhoax.id pada 2 Juli 2020 dengan artikel berjudul “[SALAH] Foto “Imam Besar Kadrun yg baru : IMAM BESAR ROJACK AL GARONG”, Namun terdapat modifikasi penambahan narasi yang tercantum pada foto.

======

REFERENSI:

https://www.merdeka.com/peristiwa/berkas-kasus-lengkap-bahar-bin-smith-segera-disidang.html

https://kumparan.com/kumparannews/diskusi-di-denpasar-rocky-gerung-kritik-gizi-buruk-hingga-ekonomi-ri-1552151277930982263