BUMNag di Solok Selatan Dapat Bantuan Bus Kecil thumbnail

BUMNag di Solok Selatan Dapat Bantuan Bus Kecil

Diposting pada

Bantuan bus kecil Bus ini untuk mobilisasi masyarakat desa guna memperlancar ekonomi.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG ARO — Empat Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) di Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatra Barat, mendapat bantuan berupa bus kecil dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Bupati Solok Selatan Khairunas secara simbolis menyerahkan bantuan bus kecil bagi BUMNag Absang Mandiri Karya di Nagari Abai, BUMNag Sehati di Nagari Lubuk Gadang, BUMNag Pulakekdi NagariKoto Baru, dan BUMNag Mutiara Karbaadi Nagari Pakan Rabaa kepada perwakilan penerima bantuan di Padang Aro, Kamis (6/1).

“Bus kecil ini dipergunakan untuk mobilisasi masyarakat pedesaan guna memperlancar ekonomi masyarakat dan camat serta wali nagari harus mengawasi penggunaannya,” kata dia.

Khairunas mengatakan, pemerintah daerah secara berkala akan mengevaluasi pemanfaatan bantuan bus kecil bagi BUMNag setiap enam bulan. Banyak bantuan dari pusat tapi kegunaannya tidak jelas sehingga camat harus mengawasinya dan ada laporannya ke pemerintah daerah secara berkala.

“Jangan sampai kendaraan ini hanya parkir di kantor BUMNag atau rumah Wali Nagari, tetapi harus bermanfaat bagi masyarakat dan berkontribusi untuk pendapatan nagari,” ia menambahkan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Solok Selatan Armenses mengatakan, pengadaan bantuan berupa empat bus kecil dengan nilai total Rp 1,8 miliar itu dilakukan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi Tahun 2021.Total sudah 13 BUMNag yang dibantu kendaraan angkutan pedesaan dari DAK Afirmasi.

“Semoga kendaraan ini bermanfaat bagi masyarakat pedesaan dan memperlancar perekonomian warga,” kata Armenses menambahkan.