Pemkab Aceh Tengah Siap Gelar Balap Sepeda Internasional Tour De Lut Tawar thumbnail

Pemkab Aceh Tengah Siap Gelar Balap Sepeda Internasional Tour De Lut Tawar

Diposting pada

Takengon (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menyatakan siap menggelar kegiatan balap sepeda internasional bertajuk Tour de Lut Tawar 2022.

Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar di Takengon, Jumat mengatakan Tour de Lut Tawar 2022 merupakan bagian dari pelaksanaan Internasional Gayo Sport Tourism di daerahnya untuk terus meningkatkan kunjungan wisatawan melalui dunia olahraga.

“Ini yang perdana, semoga dapat menjadi agenda tahunan dan akan didaftarkan ke Badan Balap Sepeda Internasional,” kata Shabela Abubakar.

Menurutnya untuk menjadikan kegiatan tersebut sebagai agenda tahunan, pihaknya juga perlu menjalin kerjasama dengan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI).

Kemudian juga turut mendaftarkan kegiatan tersebut untuk masuk kalender balap sepeda internasional.

“Ini membutuhkan dukungan pendanaan dari berbagai pihak, baik dari kementerian maupun dari Pemerintah Provinsi, demi suksesnya penyelenggaraan kegiatan yang akan menjadi salah satu sarana untuk mempromosikan pariwisata dan berbagai potensi daerah ke dunia internasional,” kata Shabela Abubakar.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah Zulfan Diara Gayo mengatakan Tour de Lut Tawar 2022 diagendakan berlangsung pada awal September 2022.

Menurutnya kegiatan perdana itu akan diikuti oleh para pembalap sepeda dari lima negara.