Tanggul Ulee Nyeu Diperbaiki, TNI dan Masyarakat Gotroy thumbnail

Tanggul Ulee Nyeu Diperbaiki, TNI dan Masyarakat Gotroy

Diposting pada
PANTAU KERUSAKAN – Peltu Suprianto selaku Danposramil 26/Bdb bersama Camat Banda Baro M.Amien memantau tanggul yang jebol pasca banjir, lalu diperbaiki secara tanggap darurat dengan memasukkan pasir dalam karung kemarin. FOR RAKYAT ACEH

ACEH UTARA (RA)- Jajaran TNI dari Posramil Banda Baro bersama camat, aparatur gampong dan masyarakat melakukan gotong royong(Gotroy) memperbaiki kerusakan tanggul jebol di Gampong Ulee Nyeu, Kecamatan Banda Baro, Aceh Utara, kemarin.

Hal ini disebabkan sepekan terakhir tingginya curah hujan, hingga menyebabkan tanggul sungai rusak dan jebol, sehingga air masuk ke pemukiman warga.

Menurut Mustafa warga setempat, jebolnya tanggul akibat intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah Kecamatan Banda Baro dan sekitarnya. Kondisi itu membuat meluapnya air serta derasnya aliran sungai yang melintas di persawahan Banda Baro. Sementara Peltu Suprianto selaku Danposramil 26/Bdb mengatakan, perbaikan tanggul ini melibatkan warga gampong setempat.

“Secara swadaya dengan cara mengisi karung dengan tanah untuk menutupi kerusakan tanggul,” ujarnya.

Ia menyebutkan, kegiatan ini bermula dari kekhawatiran warga jika tanggul tidak segera diperbaiki, maka kemungkinan akan menambah parah longsornya. Pasalnya, selama sepekan ini curah hujan cukup tinggi.

Namun berkat gotong royong yang dilaksanakan itu, tanggul yang sempat jebol dapat teratasi dengan baik.

“Saya berharap dengan adanya kerja bakti ini, dapat memberikan manfaat bagi semua warga di Kecamatan Banda Baro. Selain itu kegiatan ini merupakan wujud kekompakan Babinsa dengan warga masyarakat sehingga tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat,” pungkasnya.

Camat Banda Baro l, M Amien menyampaikan ucapan terimakasih kepada TNI, khususnya Babinsa 26/Bdb dan masyarakat yang dengan sukarela ikut bahu membahu memperbaiki tanggul yang jebol. “Mudah-mudahan tidak terjadi kerusakan yang lebih parah,” ucap Amien. (arm/icm)