VIDEO PPI Anak Laut Aceh Singkil Diharapkan Segera Beroperasi Setelah Dikelola Provinsi thumbnail

VIDEO PPI Anak Laut Aceh Singkil Diharapkan Segera Beroperasi Setelah Dikelola Provinsi

Diposting pada

Laporan Dede Rosadi | Aceh Singkil

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL – Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Anak Laut Aceh Singkil, pengelolaanya telah diserahkan ke Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Aceh. 

Kepala Dinas Perikanan Aceh Singkil, Saiful Umar, Kamis (6/1/2022) mengatakan, penyerahan aset PPI sudah dilakukan 1 Oktober 2021 lalu. Namun penerima manfaatnya tetap untuk masyarakat Aceh Singkil. 

Alasan alih pengelolaan aset yang nilainya sekitar Rp 40 miliar itu, dikarenakan naiknya status pelabuhan dari tempat pendaratan ikan (TPI) menjadi PPI. 

Ketika menjadi PPI maka secara otomatis pengelolaanya kewenangan provinsi. Alasan lain agar pengelolaan pelabuhan lebih maksimal. 

Saiful berharap, PPI segera berfungsi mulai Januari, setelah rampungnya pengerukan alur pelayaran yang selama ini jadi kendala kapal ikan dengan bobot di atas 30 GT sulit sandar. 

Provinsi juga diharapkan segera siapkan sarana dan prasarana yang belum lengkap. Antaralain kolam pelabuhan yang satu paket dengan alur. 

Kemudian memaksimalkan produksi dua unit pabrik es serta stok bahan bakar minyak (BBM) kapal yang sandar. 

Sementara sarana dan prasarana lain semisal air bersih, tempat pelelangan ikan telah tersedia. Begitu halnya logistik kapal bisa disuplai pedagang lokal.(*)

Narator: Ilham

Video Editor: Hari Mahardhika